Implementasi Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Taimiyah Dan Muhammad Abduh Dalam RPP Kurtilas

Drestiani, Tri Anti dan Fahmi, Ari Khairurrijal (2018) Implementasi Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Taimiyah Dan Muhammad Abduh Dalam RPP Kurtilas. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_ 1407015058 _ TRI ANTI DRESTIANI.pdf]
Preview
Text
FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_ 1407015058 _ TRI ANTI DRESTIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam sesungguhnya ialah yang dibangun berangkat dari konsep manusia berbasis Islam. Berbagai usaha pemikiran dalam rangka mewujudkan pendidikan sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah seperti pemikiran Ibnu Taimiyah dan Muhammad Abduh. Semua telah mereka rintis dalam karya mereka yang dapat menjadi acuan dalam mengkonsepkan pendidikan Islam di Indonesia. Oleh karena itu penulis akan menganalisis pemikirannya terhadap pendidikan agar dapat di petik buah pembaharuannya yang patut dikinikan, diimplikasikan, diaplikasikan dan diaktualisasikan bagi dunia pendidikan Islam di Indonesia untuk saat ini. Sehingga sistem, tujuan, kurikulum, metode serta muatan materi pendidikan Islam terus dapat diinovasi secara terus menerus sesuai fi Kulli al-Makan wa fi Kulli al-Zaman. Tulisan ini merupakan penelitian kualitatif, yakni peneliti yang menekankan makna, bukan pengukuran data. Untuk mendapatkan data yang valid dalam penelitian ini maka penulis mengumpulkan data menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan teknik content analysis. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui konsep pembaruan pendidikan Islam perspektif Ibnu Taimiyah dan Muhammad Abduh. Penulis mencoba menganalisis RPP kurtilas dengan konsep pendidikan Islam perspektif Ibnu Taimiyah dan Muhammad Abduh yang kemudian akan diimlementasikan untuk sekolah memalui analisis yang dijadikan RPP baru. Cara mengimlementasikannya dengan menggunaan metode imtaq. Metode berbasis imtaq merupakan metode yang dimodifikasi peneliti, baik sebagian maupun seluruh isi konten yang berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits pada materi struktur. Bahan ajar berbasis imtaq diharapakan dapat berkontribusi bagi dunia pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, baik peningkatan secara IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quetion) maupun SQ (Spiritual Quotien).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: libfai libfai libfai
Date Deposited: 02 Jul 2022 04:07
Last Modified: 02 Jul 2022 04:07
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15658

Actions (login required)

View Item View Item