Perencanaan Dimensi Sumur Resapan Air Hujan Untuk Konservasi Air Di daerah Permukiman Kelurahan Baleendah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Jawa Barat

Arham, Brenda dan Harsono, Tricahyono Nur dan G Hartono, Hartono (2019) Perencanaan Dimensi Sumur Resapan Air Hujan Untuk Konservasi Air Di daerah Permukiman Kelurahan Baleendah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Jawa Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN GEOGRAFI_1501095005_BRENDA ARHAM.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN GEOGRAFI_1501095005_BRENDA ARHAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi ukuran sumur respan air hujan di daerah permukiman Kelurahan Baleendah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan tujuan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lahan yang berada di wilayah Kelurahan Baleendah. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian wilayah permukiman di Kelurahan Baleendah. Penetapan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode area sampling, yang di dasarkan pada satuan lahan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Rumus Sunjoto, yaitu menentukan kedalaman efektif sumur resapan air hujan rencana (H) melalui factor-faktor penentu dimensi sumur resapan air hujan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa daerah permukiman Kelurahan Baleendah terbagi menjadi dua wilayah Satuan Lahan sumur resapan yaitu Satuan Lahan ADP dan Satuan Lahan AMP. Dimensi sumur resapan air hujan untuk berbagai luas atap di Kelurahan Baleendah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Jawa Barat, menunjukkan bahwa kedalaman sumur resapan rencana bervariasi. Untuk Wilayah Satuan Lahan ADP dengan jari-jari sumur ditentukan 0,5 m, dan hujan periode ulang ditentukan 5 tahun. Jika diketahui luas atap 50 m2, maka kedalaman sumur 1,5 m. Untuk wilayah Satuan Lahan AMP dengan jari-jari sumur ditentukan 0,6 m, dan hujan periode ulang ditentukan 10 tahun. Jika diketahui luas atap 75 m2, maka kedalaman sumur 1,19 m.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QE Geology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 02 Jul 2022 03:47
Last Modified: 02 Jul 2022 03:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15655

Actions (login required)

View Item View Item