Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI (Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta)

Wirana, Tanjung Surya dan lismawati, lismawati (2016) Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI (Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_1207015068_TANJUNG SURYA WIRANA.pdf]
Preview
Text
FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_1207015068_TANJUNG SURYA WIRANA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah Satu Kebutuhan Yang Dimiliki Siswa Adalah Kebutuhan Penghargaan Yang Terdapat Dalam Kebutuhan Intelektual (Berprestasi). Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Oleh Guru Untuk Memenuhi Kebutuhan Penghargaan Dalam Pembelajaran Yaitu Dengan Cara Memberikan Reward Dan Punishment. Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Pembelajaran Memiliki Implikasi Yaitu Siswa Diakui Sebagai Individu Unik Yang Memiliki Kemampuan Tertentu Dan Karakteristik Yang Dapat Dihargai. Penelitian Ini Menggunakan Metode Kuantatif, Untuk Mengetahui Berapa Persentase Pengaruh Reward Dan Punishment Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Populasi Yang Digunakan Yaitu Kelas V Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Pengambilan Data Menggunakan Metode Sampling Jenuh Karena Dengan Itu Diharapkan Dapat Mewakili Populasi Yang Ada. Instrumen Penelitian Yang Digunakan Pada Penelitian Kali Ini Menggunakan Kuesioner Dengan Model Skala Likert. Kuesioner Diberikan Kepada Sampel Yang Berjumlah 95 Orang. Untuk Pengujian Data, Penulis Menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana. Sedangkan Dalam Mengolah Data, Penulis Menggunakan Alat Bantu Statistik Yaitu SPSS Versi 22.0 Dengan Cara Analyze – Regression – Linear. Hasil Penelitian Menunjukan Adanya Pengaruh Reward Dan Punishment Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dengan Tingkat Persentase 14 % Sedangkan 86 % Dijelaskan Oleh Sebab-Sebab Lain Di Luar Reward Dan Punishment Pada Mata Pelajaran PAI. Untuk Persamaan Regresi Linear Terjadi Hubungan Positif Antara Dua Variabel Di Mana Semakin Baik Isi Dari Reward Dan Punishment Pada Mata Pelajaran PAI Maka Semakin Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: libfai libfai libfai
Date Deposited: 02 Jul 2022 03:35
Last Modified: 02 Jul 2022 03:35
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15652

Actions (login required)

View Item View Item