Pengaruh Kecerdasan Musikal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Kelas X SMA School Of Human).

Fatimah, Syifa dan lismawati, lismawati (2016) Pengaruh Kecerdasan Musikal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Kelas X SMA School Of Human). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_ 1207015067_ SYIFA FATIMAH.pdf]
Preview
Text
FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_ 1207015067_ SYIFA FATIMAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan Belajar Siswa Dapat Lihat Dari Segi Kecerdasan Nya. Karena Kecerdasan Tidak Hanya Dinilai Dari Satu Kecerdasan Yang Dinilai Oleh Angka Tetapi Banyak Kecerdasan Yang Dimiliki Oleh Siswa. Musik Tidak Hanya Dipelajari Secara Auditori Tapi Juga Melibatkan Semua Funsi Pancaindra. Sehingga Mata Pelajaran PAI Bisa Dikembangkan Dengan Proses Pembelajaran Kecerdasan Majemuk Di Sekolah. Dengan Menggunakan Berbagai Metode Yang Menunjang Untuk Mempermudah Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Sehingga Siswa Mengetahui Kecerdasan Apa Yang Mereka Miliki Bisa Mempermudah Siswa Dalam Belajar Di Kelas. Penelitian Ini Menggunakan Metode Kuantatif, Untuk Mengetahui Berapa Persentase Pengaruh Kecerdasan Majemuk Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PAI. Populasi Yang Digunakan Yaitu Kelas X Di SMA School Of Human. Untuk Pengambilan Data Menggunakan Metode Sampling Jenuh Karena Dengan Itu Diharapkan Dapat Mewakili Populasi Yang Ada. Pengumpulan Data Dilakukan Dengan Wawancara, Dokumentasi Dan Penyebaran Kuesioner Yang Menggunakan Model Skala Likert. Kuesioner Tersebut Berkaitan Dengan Kecerdasan Majemuk, Yang Disebarkan Kepada 50 Anak Yang Menjadi Sample Dalam Penelitian Ini. Dalam Pengambilan Data Digunakan Metode Sampling Jenuh. Sedangkan Untuk Pengujian Data Digunakan Uji Regresi Linear Sederhana Yang Dalam Pengolahannya Dibantu Dengan Software Statistika Yaitu SPPS 17.0. Hasil Penelitian Yang Telah Di Analisis Menunjukkan Terdapat Pengaruh Kecerdasan Majemuk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Tingkat 42,5% Dan 57,5% Kemungkinan Dapat Disebabkan Faktor Lain Di Luar Dengan Factor-Faktor Yang Lain. Sedangkan Persamaan Regresi Linear Terjadi Hubungan Antara Dua Variabel, Yang Artinya Dimana Semakin Siswa Mengetahui Kecerdasan Yang Mereka Tahu Semakin Mempermudah Dalam Belajar. Diperkuat Oleh Hasil Wawancara Yaitu Terdapat Pengaruh 70%-80% Dengan Penerapan Proses Pembelajaran Kecerdasan Majemuk Maka Semakin Meningkat Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: libfai libfai libfai
Date Deposited: 01 Jul 2022 07:39
Last Modified: 01 Jul 2022 07:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15621

Actions (login required)

View Item View Item