Implementasi Kesesuaian Bacaan Hukum Tajwid Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas IX SMP Ash-Sholihin Jakarta Barat

Rizaldi, Mohamad dan lismawati, lismawati (2017) Implementasi Kesesuaian Bacaan Hukum Tajwid Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas IX SMP Ash-Sholihin Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_ 1307015028 _ MOHAMAD RIZALDI.pdf]
Preview
Text
FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_ 1307015028 _ MOHAMAD RIZALDI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian Ini Dilaksanakan Di SMP Ash-Sholihin Jakarta, Jakarta Barat. Penelitian Ini Merupakan Jenis Penelitian Kualitatif. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini Menggunakan Metode Analisis Kualitatif Deskriptif Dengan Menggunakan Triangulasi Sumber Dan Triangulasi Teknik. Hasil Dari Penelitian Ini Bahwa SMP Ash-Sholihin Menerapkan Hukum Bacaan Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an. SMP Ash-Sholihin Jakarta Barat Mengalami Kendala-Kendala Dalam Implementasi Kesesuaian Bacaan Hukum Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an. Kendala-Kendala Dalam Implementasi Kesesuaian Bacaan Tajwid Ini Tergolong Banyak Terutama Dari Peserta Didik Yang Masih Banyak Mendapatkan Kesulitan Dalam Memahami Ilmu Tajwid Yang Disampaikan, Hal Ini Disebabkan Rendahnya Tingkat Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik, Selain Itu Penyampaian Guru Yang Kurang Menarik Membuat Peserta Didik Kurang Tertarik Untuk Mempelajari Ilmu Tajwid. Maka Dari Keseluruhan Peserta Didik Yang Diujikan Yaitu Sebanyak 27 Siswa, Dengan Demikian Siswa Yang Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Ilmu Tajwid Nun Sukun/Tanwin Dipersentasekan Sebannyak 18,51%, Dan 40,74% Siswa Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Hukum Tajwid Alif-Lam, Serta 33,33% Siswa Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Hukum Tajwid Qalqalah, Berdasarkan Data Tersebut Dapat Di Interprestasikan Bahwa Yang Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Hukum Tajwid Yang Dipelajari Tergolong Dalam Kategori Rendah. Hal Sebagaian Disebabkan Oleh Beberapa Kendala Seperti Rendahnya Kemampuan Baca Al-Qur’an Peserta Didik, Kurangnya Minat Peserta Didik Untuk Mempelajari Al-Qur’an Serta Ilmu Tajwid, Dan Kesulitan Peserta Didik Untuk Memahami Iilmu Tajwid Tersebut. Walau Demikian, Sekolah Telah Berupaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Serta Telah Berupaya Untuk Membantu Peserta Didik Untuk Memahami Ilmu Tajwid, Salah Satunya Sekolah Telah Mengadakan Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Dengan Harapan Dapat Membantu Peserta Didik Untuk Belajar Membaca Al-Qur’an Dan Memahami Ilmu Tajwid.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: BD Speculative Philosophy > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: libfai libfai libfai
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:54
Last Modified: 30 Jun 2022 07:54
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15598

Actions (login required)

View Item View Item