Hubungan Perhatian Kepada Berita Politik Di Media Daring Detik.Com Dengan Minat Memilih Calon Presiden Nomor Urut Satu Dalam Pemilu 2019

Afrian, Achmad dan Mustika, Sri dan Basuki, Maryono (2019) Hubungan Perhatian Kepada Berita Politik Di Media Daring Detik.Com Dengan Minat Memilih Calon Presiden Nomor Urut Satu Dalam Pemilu 2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_ ACHMAD AFRIAN_ 1206015005.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_ ACHMAD AFRIAN_ 1206015005.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Detikcom merupakan sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. Detikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, Detikcom hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, Detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news). Sejak tanggal 3 Agustus 2011, detikcom menjadi bagian dari PT Trans Corporation, salah satu anak perusahaan CT Corp. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah stimulus organism response dan teori AIDDA untuk menjelaskan bagaimana reaksi balik dari individu ketika menerima stimuli dari media.Penelitian ini menjelaskan bagaimana hubungan perhatian kepada isi situs detik.com apakah berpengaruh terhadap minat memilih calon presiden 01 dalam pemilu 2019. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan bersifat eksplanatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei eksplanatif (analitik). Populasi dalam penelitian adalah para pengakses situs detik.com dari bulan Juli-Agustus 2019. Sampel yang didapat sebanyak 100 orang dengan mengukur menggunakan rumus Taro Yamane. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada responden secara online, yaitu para pengakses situs detik.com. Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas serta menganalisis datanya dengan uji korelasi. Hasil uji korelasi Pearson’s Product Moment menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) sebesar 0,677, berdasarkan Tabel Guilford, termasuk dalam interval koefisien 0,400 – 0,699 dimana tingkat keeratan korelasi termasuk sedang artinya bahwa terdapat hubungan yang sedang antara perhatian kepada isi situs Detik.com dengan minat memilih calon presiden dalam pemilu 2019. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi media online. Khususnya yang mewadahi para pembacanya menyalurkan minat memilih calon presiden dalam pemilu. Penelitian ini juga diharapkan memberikan manfaat yang positif bagi Detik.com agar semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:54
Last Modified: 30 Jun 2022 04:54
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15584

Actions (login required)

View Item View Item