Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Pekerja Pengguna Komputer di Perkantoran Direktorat Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Jakarta Tahun 2018

Pamungkas, Satrio Adi dan Martaferry, Martaferry (2018) Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Pekerja Pengguna Komputer di Perkantoran Direktorat Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Jakarta Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1405019009_SATRIO ADI PAMUNGKAS.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1405019009_SATRIO ADI PAMUNGKAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lingkungan kerja merupakan salah satu sumber utama bahaya kesehatan kerja dengan banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satu bahayanya keluhan kelelahan mata pada pekerja pengguna komputer. Faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan kelelahan mata diantaranya usia, istirahat mata, intensitas pencahayaan dan durasi kerja. Pendekatan penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional menggunakan sampel seluruh pekerja pengguna komputer di Direktorat Gizi Masyarakat sebanyak 74 orang. Pengumpulan data variabel secara primer dengan kuesioner tertulis. Khusus variabel intensitas pencahayaan diambil dengan bantuan lux meter. Penelitian dilakukan di perkantoran Direktorat Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Jakarta pada bulan Juni 2018. Hasil penelitian 78,4o/o pekerja pengguna komputer mengalami keluhan kelelahan mata, dengan keluhan paling banyak dirasakan mata berair (32,4%;o).Hasil uji statistik diketahui variabel yang memiliki hubungan bermakna dengan keluhan kelelahan mata adalah istirahat mata (Pnu1u" 0,008), intensitas pencahayaan (Pnuru. 0,002) dan durasi kerja (Pu4u" 0,006). Sedangkan variabel usia tidak memiliki hubungan bermakna. Dari hasil penelitian disarankan agar instansi dapat membuat kebijakan yang mendukung pekerja untuk menyelingi pekerjaan menggunakan komputer dengan tugas lain serta melakukan istirahat mata. Selain itu untuk menciptakan intensitas pencahayaan yang optimal sumber cahaya buatan harus dirawat dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:47
Last Modified: 30 Jun 2022 04:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15582

Actions (login required)

View Item View Item