Pengaruh Peer Education (Pendidikan Sebaya) Terhadap Pengetahun dan Sikap Terkait Pencegahan Anemia Gizi Pada Siswi SMAN 111 Jakarta Tahun 2018

Ulfa, Dinda Aulia dan Farida, Ahmad dan Jannah, Miftahul (2018) Pengaruh Peer Education (Pendidikan Sebaya) Terhadap Pengetahun dan Sikap Terkait Pencegahan Anemia Gizi Pada Siswi SMAN 111 Jakarta Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_ILMU GIZI_1405025033_DINDA AULIA ULFA.pdf]
Preview
Text
FIKES_ILMU GIZI_1405025033_DINDA AULIA ULFA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah dalam pertumbuhan di masa remaja yang dapat menganggu kualitas penduduk adalah anemia. Pengetahuan yang kurang tentang anemia merupakan salah sau alasan kelompok rawan anemia. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk pencegahan dan penanggulangan anemia adalah dengan pendidikan gizi. Teman sebaya memiliki peran penting dalam pendidikan gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peer education (pendidikan sebaya) terhadap pengetahuan dan sikap terkait pencegahan anemia gizi. Penelitian ini menggunakan Quasi experimental study dengan rancangan non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 111 Jakarta dan SMAN 19 Jakarta dengan melibatkan 80 siswi kelas X dan XI. Variabel dependen yang diteliti yaitu pengetahuan dan sikap. Data dikumulkan melalui pengisian kuesioner secara mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden pada penelitian ini rata-rata berumur 16 tahun. Pekerjaan ibu responden sebagian besar ibu rumah tangga atau tidak bekerja. Pekerjaan ayah responden sebagian besar wiraswasta. Hasil uji statistik menunjukkan ada perbedaan pengetahuan dan sikap responden sebelum dan setelah intervensi pada kelompok perlakuan, ada perbedaan pengetahuan sebelum dan seteleah intervensi pada kelompok kontrol, ada perbedaan sikap setelah intervensi pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan, dan tidak ada perbedaan sikap responden sebelum dan setelah intervensi pada kelompok kontrol, tidak ada perbedaan pengetahuan setelah intervensi pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:58
Last Modified: 30 Jun 2022 03:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15559

Actions (login required)

View Item View Item