Analisis Hubungan Motivasi Kerja dan Karakteristik Individu dengan Disiplin Kerja Pegawai Non Medis di Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Tahun 2018

Kusyani, Haryati dan Rachmawati, Emma (2018) Analisis Hubungan Motivasi Kerja dan Karakteristik Individu dengan Disiplin Kerja Pegawai Non Medis di Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_KESMAS_1505019015_HARYATI KUSYANI.pdf]
Preview
Text
FIKES_KESMAS_1505019015_HARYATI KUSYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Faktor yang mempengaruhi disiplin kerja antara lain adalah motivasi dan karakteristik individu. Permasalahan disiplin kerja di RSU Kabupaten Tangerang diantaranya kepatuhan terhadap absensi sesuai peraturan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi kerja dan karakteristik individu dengan disiplin kerja pegawai non medis di Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Tahun 2018. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional dilakukan pada bulan Maret 2018. Teknik penelitian menggunakan teknik total sampling sebanyak 106 responden. Teknik analisis data dengan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan pegawai yang disiplin sebanyak 81 pegawai (76,4%). Variabel motivasi kerja yang memiliki hubungan bermakna dengan disiplin kerja yaitu faktor kondisi kerja (P value = 0,029), dan hubungan sosial (P value = 0,043). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik individu dengan disiplin kerja. Saran peneliti adalah perlunya dilakukan transparansi mengenai insentif dan gaji pegawai, melengkapi peralatan penunjang kerja yang dibutuhkan, dan diadakannya team building untuk mempererat hubungan sosial baik sesama bagian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:40
Last Modified: 30 Jun 2022 03:40
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15553

Actions (login required)

View Item View Item