Kontroversi Peraturan Pendidikan Karakter atau Full Day School (Analisis Framing Gamson dalam Pemberitaan detik.com dan kompas.com Edisi Juni-Agustus 2017)

Husen, Zulfikar Ali dan Ramadhan, Said dan Wahdiyati, Dini (2018) Kontroversi Peraturan Pendidikan Karakter atau Full Day School (Analisis Framing Gamson dalam Pemberitaan detik.com dan kompas.com Edisi Juni-Agustus 2017). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_ZULFIKAR ALI HUSEN_1306015120.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_ZULFIKAR ALI HUSEN_1306015120.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media dalam jaringan (online) mempermudah masyarakat mendapatkan informasi dengan cepat menggunakan gadget sehingga menjadi kontroversi ketika timbul perspektif dari berbagai media. Peraturan Pendidikan Karakter yang ditafsirkan berbeda oleh masyarakat dan media melihat dari sudut pandang yang berbeda pula. Rumusan masalah penelitian ini pertama ingin bagaimana pembingkaian detik.com dan kompas.com dalam pendidikan pedoman karakter? Kedua, menjelaskan faktor-faktor melatarbelakangi pembingkaian pendidikan pedoman karakter? Penelitian ini menggunakan paradigm konstruktivisme dan memakai teori komunikasi massa untuk menunjang proses analisisnya. Teori-teori tersebut diantaranya teori pembingkaian dan teori konstruksi realitas sosial. Pedoman pendidikan karakter dalam pemberitaan detik.com dan kompas.com ini dikupas dengan analisis framing model Gamson dan Modigliani. Framing akan melihat bagaimana detik.com dan kompas.com melihat sudut pandang, bukan hanya itu framing melihat berita yang sama tetapi ada pemaknaan yang berbeda. Ditemukan dari analisis ini bahwa detik.com lebih memberikan pelajaran terhadap khalayak dengan narasumber yang kebanyakan dari pemerintah lalu bahasa yang digunakan bukan full day school. Berbeda dengan kompas.com yang jelas memakai bahasa full day school lalu narasumbernya pun lebih pada yang menolak kebijakan pemerintah tersebut. Dari framing yang dibentuk pun tampak bahwa kompas.com menolak full day schoo, sedangkan detik.com menjelaskan pendidikan pedoman karakter itu. Faktor-faktor yang melatarbelakangi pembingkaian berita dilihat dari pengaruh individu pekerja media, pengaruh organisasi, pengaruh luar organisasi, pengaruh rutinitas, dan pengaruh ideologi media.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:08
Last Modified: 30 Jun 2022 03:08
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15546

Actions (login required)

View Item View Item