Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Agama SLB Negeri 7 Jakarta Timur dengan Siwa Tunarungu dalam Pembelajaran Ibadah Shalat (SMALB-B)

Adhawiah, Zakiah dan Hariyati, Farida dan Rohim, Syaiful (2018) Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Agama SLB Negeri 7 Jakarta Timur dengan Siwa Tunarungu dalam Pembelajaran Ibadah Shalat (SMALB-B). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_ZAKIAH ADHAWIAH_1406015129.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_ZAKIAH ADHAWIAH_1406015129.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

“Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Agama SLB Negeri 7 Jakarta Timur dengan Siwa Tunarungu dalam Pembelajaran Ibadah Shalat (SMALB-B). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Agama dan interaksi simbolik verbal dan nonverbal guru dengan siswa tunarungu dalam pembelajaran Ibadah Shalat. Peneliti Menggunakan Teori Interaksi Simbolik, Model Komunikasi Interaksional untuk melihat Pola komunikasi Antarpribadi yang di pakai oleh guru saat mengajar di kelas. Metode penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme, pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, dan metode studi kasus. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam dengan 10 informan kunci dan 2 informan pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang guru sampaikan kepada murid yaitu jenis pola komunikasi antarpribadi guru agama memberikan edukasi dalam pembelajaran Ibadah Shalat dengan metode seperti membuka forum diskusi dan menanyakan satu persatu kepada para siswa apakah mereka memahami pelajaran yang guru ajarkan di kelas. Interaksi Simbolik seperti dalam proses pembelajaran guru menyampaikan isi materi pelajaran shalat dengan menggunakan abjad jari tangan kata perkata di eja dengan abjad jari tangan seperti R-U-K-U-K, bahasa isyarat seperti mempraktekkan gerakan-gerakan dalam shalat dan menggunakan bahasa oral (lisan) seperti mengucapkan bacaan-bacaan shalat dengan gerak bibir kemudian siswa membaca gerak bibir yang guru ucapkan. Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai pola komunikasi antarpribadi dan interaksi simbolik dari bahasa verbal dan nonverbal yang disampaikan guru dengan murid yang berkebutuhan khusus (tunarungu) serta mengefektifkan praktek komunikasi antarpribadi dalam proses pembelajaran ibadah shalat di kelas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:04
Last Modified: 30 Jun 2022 03:04
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15545

Actions (login required)

View Item View Item