Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media dalam jaringan terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat

Ariska, Lindy dan Ahmad, Mubarak (2020) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media dalam jaringan terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025298_LINDY ARISKA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025298_LINDY ARISKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media dalam jaringan pada siswa kelas V SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini dilatar belakangi siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPS, yang biasanya guru memberikan materi dengan metode ceramah di gantikan dengan siswa menemukan sendiri dengan bimbingan Guru. Skripsi ini bertujuan, untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat . Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VA, VB,SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VA yang diambil dengan teknik Probability sampling jenis cluster sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode test. Berdasarkan hasil penelitian yang akan menjawab permasalah yang diangkat oleh peneliti, yaitu: apakah ada Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media dalam jaringan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan membandingkan rata-rata nilai Pre-Test dengan nilai Post-Test. Dapat dilihat dari perhitungan uji-t diperoleh Thitung = 16,13 dan Ttabel = 2,000. Karena Thitung > Ttabel dengan dk 60 dan tingkat signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil Post-Test lebih tinggi dari rata-rata hasil Pre-Test. Berdasarkan data yang ada, diperoleh rata-rata hasil Pre-Test sebesar 64 dan rata-rata hasil Post-Test sebesar 80. Dari pengujian hipotesis dan nilai rata-rata dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing melalui media dalam jaringan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat. Simpulan ini semoga bermanfaat dan berguna untuk siswa dalam kegiatan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:40
Last Modified: 30 Jun 2022 02:40
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15539

Actions (login required)

View Item View Item