Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Sekolah Dasar Terpadu Insan Madani Kota Depok Tahun Pelajaran 2019/2020

Kusumaningrum, Indah dan Qodariah, Lelly (2020) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Sekolah Dasar Terpadu Insan Madani Kota Depok Tahun Pelajaran 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025264_INDAH KUSUMANINGRUM.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025264_INDAH KUSUMANINGRUM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa gambar seri dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di Sekolah Dasar Terpadu Insan Madani Depok Tahun Pembelajaran 2019/2020”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Populasi penelitian ini pada kelas III. Pemilihan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data diperoleh dari data yang sudah ada sebelumnya. Uji normalitas dari output yang dihasilkan software IBM SPSS Statistic version 25 for windows diketahui pada data pre-test hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III di SD Terpadu Insan Madani pada kelas eksperimen diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,100. Nilai sig. 0,100 > 0,05 yang berarti data pre-test hasil belajar siswa pada kelompok kelas eksperimen berdistribusi nomal. Kemudian, data post-test hasil belajar siswa pada kelompok kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,166. Nilai sig. 0,166 > 0,05 menunjukan bahwa data post-test kelompok kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal. Langkah selanjutnya setelah uji normalitas dilakukan, peneliti melakukan uji homogenitas Dari hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa, nilai Based on Mean pada pre-test dan pos-test siswa diperoleh signifikansi sebesar 0,145. Nilai sig. 0,145 > 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa data pre-test dan pos-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki varians yang homogen. Uji hipotesis menggunakan sampel independen dengan bantuan software IBM SPSS Statistic version 25 for windows. Diperoleh nilai (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 lebih kecil dari 0,05. Metode ini untuk mengetahui bahwa Hᴏ ditolak dan Hα diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah “Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berupa gambar seni siswa kelas III di SD Terpadu Insan Madani”.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 29 Jun 2022 09:45
Last Modified: 29 Jun 2022 09:45
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15524

Actions (login required)

View Item View Item