Konsep Etika Menurut Al-Ghazali Dan Immanuel Kant (Studi Komparatif)

Wijayanti, Ari dan Bunyamin, Bunyamin (2016) Konsep Etika Menurut Al-Ghazali Dan Immanuel Kant (Studi Komparatif). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_ 1307015010_ ARI WIJAYANTI.pdf]
Preview
Text
FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_ 1307015010_ ARI WIJAYANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Merupakan Bagian Penting Dari Kehidupan Manusia Yang Tak Pernah Bisa Ditinggalkan. Pendidikan Bertujuan Untuk Membentuk Watak Dan Karakter Peserta Didik Tertuang Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Didalam Dunia Pendidikan, Ternyata Berkembang Berbagai Bentuk Perilaku Yang Acap Justru Tidak Sesuai, Bahkan Kontradiktif Dengan Nilai-Nilai Etika. Bentuknya Bermacam-Macam, Mulai Dari Perilaku Para Pendidik Yang Tidak Mencerminkan Jiwa Kependidikan, Birokrasi Yang Menyimpang, Bisnis Disekolah, Kekerasan, Hingga Perilaku Siswa Yang Semakin Banyak Menjauh Dari Koridor Nilainilai Etika. Sesuai Dengan Karakteristik Masalah Yang Diangkat Dalam Skripsi Ini Maka Dalam Penulisannya, Penulis Menggunakan Metode Analisis Isi, Yaitu Mengambil Data Dari Beberapa Bahan Buku Yang Dijadikan Sebagai Bahan Referensi. Pendekatan Kualitatif Penulis Gunakan Untuk Menganalisis Tentan Konsep Etika Menurut Al-Ghazali Dan Immanuel Kant. Penganalisian Data Ini Lebih Difokuskan Pada Penelitian Kepustakaan (Library Research), Yakni Mencari, Mengumpulkan, Membaca, Menyusun, Serta Menganalisis Buku-Buku Yang Sesuai Dengan Judul Skripsi “Konsep Etika Menurut Al-Ghazali Dan Immanuel Kant”. Berdasarkan Penelitian Yang Telah Dilakukan, Maka Penulis Menyimpulkan Konsep Etika Al-Ghazali Dan Immanuel Kant Sangat Berpengaruh. Persamaan AntaraKonsep Etika Menurut Al-Ghazali Dan Immanuel Kant Ialah Keduanya Sama-Sama Menolak Metafisika Spekulatif Dogmatik. Sedangkan Perbedaan Etika Al-Ghazali Dan Immanuel Kant Adalah Etika Al-Ghazali Bersifat Wahyu Yakni Berlandaskan Al-Quran Dan Sunnah, Sedangkan Etika Immanuel Kant Bersifat Rasio Yakni Sesuai Dengan Kehendak Manusia. Implikasi Konsep Etika Al-Ghazali Ialah Terciptanya Disiplin Akhlak Pada Peserta Didik Yang Selalu Bersandar Al-Quran Dan Sunnah. Implikasi Konsep Etika Immanuel Kant Ialah Terwujudnya Pemikiran Peserta Didik Yang Lebih Rasional Dalam Menjalani Kehidupan Yang Lebih Adil Dan Bijaksana Dengan Mengambil Keputusan Dalam Setiap Menyelesaikan Persoalan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: libfai libfai libfai
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:26
Last Modified: 29 Jun 2022 08:26
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15518

Actions (login required)

View Item View Item