Hubungan Asupan Energi, Zat Gizi Makro, Kalsium Serta Serat dengan Status Gizi Penderita Kanker Kolorektal di Rumah Sakit Kanker Dharmais Tahun 2016

Wardini, Mutia Kusuma dan Pritasari, Pritasari dan Marini, Ragil (2016) Hubungan Asupan Energi, Zat Gizi Makro, Kalsium Serta Serat dengan Status Gizi Penderita Kanker Kolorektal di Rumah Sakit Kanker Dharmais Tahun 2016. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1205025048_MUTIA KUSUMA WARDINI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1205025048_MUTIA KUSUMA WARDINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kanker kolorektal (colo-rectal carcinoma) atau lebih dikenal dengan kanker usus besar adalah tumor ganas yang terjadi di usus besar atau rektum. Status gizi adalah ekspresi keadaan keseimbangan berupa variabel tertentu, atau perwujudan gizi dalam bentuk variabel tertentu atau dapat didefinisikan sebagai akibat konsumsi makanan dan penggunaan zat gizi. Status gizi pada pasien kanker dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti pertumbuhan tumor dan pengobatan yang diikuti, seperti pembedahan, kemoterapi, radiasi, dan transplantasi. Faktor-faktor tersebut memiliki efek samping seperti mual, muntah, sariawan, dan radang saluran cerna yang menyebabkan penurunan asupan makanan dan penyerapan zat gizi sehingga akan mempengaruhi status gizi.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan asupan energi, zat gizi makro, kalsium, dan serat dengan status gizi pasien kanker kolorektal di RS Kanker Dharmais tahun 2016. Dalam penelitian ini, metodologi yang digunakan adalah pendekatan studi analitik dengan pendekatan cross sectional. desain studi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengukuran. Jumlah sampel seluruhnya adalah 30 sampel. Teknik analisis data menggunakan uji Chi-Square.
Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa tidak ada hubungan asupan energi, zat gizi makro, kalsium, dan serat dengan status gizi penderita kanker kolorektal diperoleh p-value >0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:21
Last Modified: 29 Jun 2022 08:21
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15517

Actions (login required)

View Item View Item