Hubungan Pengetahuan Gizi, Sikap, Pola Konsumsi, dan Asupan Purin dengan Kadar Asam Urat Pasien Poliklinik Penyakit Dalam di RSU Kabupaten Tangerang Tahun 2016

Dewi, Mustika Sari dan Sudibyo, Kusindrati dan Kusumaningrum, Indah (2016) Hubungan Pengetahuan Gizi, Sikap, Pola Konsumsi, dan Asupan Purin dengan Kadar Asam Urat Pasien Poliklinik Penyakit Dalam di RSU Kabupaten Tangerang Tahun 2016. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1205025047_MUSTIKA SARI DEWI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1205025047_MUSTIKA SARI DEWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Asam urat merupakan hasil metabolisme akhir dari purin, yaitu salah satu komponen akhir asam nukleat yang terdapat dalam inti sel tubuh. Meningkatnya kadar asam urat dalam darah (hiperurisemia) dapat menimbulkan penumpukan kristal monosodium urat sehingga menyebabkan penyakit gout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi, sikap, pola konsumsi, dan asupan purin dengan kadar asam urat pasien di RSU Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian ini adalah crossectional. Penelitian ini menggunakan teknik Acsidental sampling yang dilakukan pada pasien di Poliklinik penyakit dalam RSU Kabupaten Tangerang yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi sebanyak 85 responden. Hasil penelitian menunjukan responden paling banyak berusia ≥56 tahun dan berjenis kelamin perempuan. Responden mempunyai tingkat pengetahuan baik 49,4%, sikap baik 61,2%, pola konsumsi baik 50,6%, dan asupan purin lebih 50,6%. Analisis data menggunaka uji independensi Chi-Square dengan derajat kemaknaan (α= 0.05) diperoleh hasil bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan gizi (p value=0,758), sikap (p value=0,730) dan pola konsumsi (p value=0,110) dengan kadar asam urat, pada asupan purin didapat hasil yang berhubungan antara asupan purin dengan kadar asam urat pasien poliklinik penyakit dalam dengan (p value=0,031). Berdasarkan penelitian ini, direkomendasikan supaya dapat memberikan pengetahuan kesehatan melalui media seperti poster mengenai bahan makanan yang mengandung tinggi purin. Bagi peneliti lain diharapkan dapat menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi kadar asam urat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:55
Last Modified: 29 Jun 2022 07:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15509

Actions (login required)

View Item View Item