Hubungan Pengetahuan dan Sikap Pedagang Jajanan dengan Penggunaan Formalin di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, 2016

Mirnawati, Mirnawati dan Faridi, Ahmad dan Rahayu, Leni Sri (2016) Hubungan Pengetahuan dan Sikap Pedagang Jajanan dengan Penggunaan Formalin di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, 2016. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1205025045_MIRNAWATI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1205025045_MIRNAWATI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keamanan pangan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam prakteknya masih banyak produsen pangan yang menggunakan zat kimia berbahaya bagi kesehatan yang sebenarnya tidak boleh digunakan dalam makanan. Formalin adalah larutan formaldehida dalam air dan dilarang digunakan dalam industri pangan sebagai pengawet, formaldehid biasa digunakan sebagai antiseptika, desinfaktan, deodorant, dan sebagai larutan untuk membalsem mayat. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional, dilakukan pada bulan Maret 2016. Populasi pada penelitian ini adalah pedagang jajanan yang berjualan di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Kebayoran Lama Selatan yang berjumlah 54 pedagang jajanan, pengambilan sampel secara Purposive Sampling dan responden yang ada pada saat penelitian berjumlah 31 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar 61.3% tingkat pengetahuan responden rendah dan 54.8% sikap responden baik. Kemudian 12.9% makanan jajanan ditemukan positif formalin. Berdasarkan hasil penelitian dan uji statistik dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan pedagang dengan penggunaan formalin di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Kebayoran Lama Selatan (P=0.360) dan tidak ada hubungan antara sikap pedagang jajanan dengan penggunaan formalin di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Kebayoran Lama Selatan (P=0.304).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:33
Last Modified: 29 Jun 2022 07:33
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15502

Actions (login required)

View Item View Item