Citra Kecantikan Wajah Perempuan dalam Iklan Pond‟s ditelevisi (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce pada Iklan Pond‟s versi White Beauty with Korean Ginseng & Saffron)

Yaqin, Nurul dan Mustika, Sri dan Puspita, Virienia (2015) Citra Kecantikan Wajah Perempuan dalam Iklan Pond‟s ditelevisi (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce pada Iklan Pond‟s versi White Beauty with Korean Ginseng & Saffron). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_NURUL YAQIN_0906015074.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_NURUL YAQIN_0906015074.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Iklan Pond‟s White Beauty with Korean Gingseng & Saffron menampilkan citra kecantikan wanita yang diwakili oleh wanita Indonesia. Peneliti menggunakan paradigm konstruktivis dan pendekatan kualitatif. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis semiotika Charles Sander Pierce yang berisikan pemaknaan sebuah tanda termasuk hal-hal tersembunyi di balik sebuah tanda, khususnya sebuah tanda yang menggambarkan citra kecantikan wajah wanita dalam iklan Pond’s white beauty. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori konstruksi realitas sosial untuk memahami sebuah konstruksi yang terjadi dalam iklan dan menggunakan semiotika Charles Sander Pierce dalam mengungkapkan sebuah tanda terdapat dalam iklan tersebut agar didapati sebuah citra apa yang diingin tonjolkan dalam iklan Pond’s white beauty whith Korean gingseng &saffron. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra kecantikan wajah wanita pada iklan Pond‟s berupa bahwa kecantikan wanita masa kini terdapat pada karakter wanita Korea yang memiliki kulit jernih, putih, merona. Dan diidam-idamkan wanita serta dikagumi oleh pria. Termasuk wanita Indonesia yang kini memahami kulit yang bersih tampak bercahaya dan pipi tampak pink merona, ini merupakan aset kecantikan yang penting karena menjadi pintu gerbang untuk memperkenalkan inner beauty yang dimiliki oleh seorang wanita. Adapun faktor-faktor pendukung citra kecantikan wajah dalam iklan Pond‟s ialah dengan pemahaman konsep cantik itu sendiri, wanita masa kini terutama wanita Indonesia sudah sangat memahami konsep cantik itu sendiri dan hal ini pula yang menjadi kerangka dasar berpikir pihak Pond‟s di dalam kampanye. Dengan bermodalkan wajah jernih putih merona, wanita Indonesia kian percaya diri dan optimis menjalani hari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 29 Jun 2022 06:57
Last Modified: 29 Jun 2022 06:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15493

Actions (login required)

View Item View Item