Perbedaan Pengetahuan dan Sikap Siswa Sebelum dan Sesudah Pemutaran Video Animasi Edukasi Bahaya Formalin bagi Kesehatan di SDN Kebayoran Lama Selatan 09 Jakarta Selatan

Yulianti, Linda dan Faridi, Ahmad dan Kusumaningrum, Indah (2016) Perbedaan Pengetahuan dan Sikap Siswa Sebelum dan Sesudah Pemutaran Video Animasi Edukasi Bahaya Formalin bagi Kesehatan di SDN Kebayoran Lama Selatan 09 Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1205025039_LINDA YULIANTI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1205025039_LINDA YULIANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

makanan jajanan merupakan hal yang sangat penting karena tidak banyak yang tahu apa saja standar keamanan makanan jajanan. Inilah masalah yang menyelimuti dunia jajanan anak-anak, padahal apa yang dikonsumsi anak turut menentukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dimasa mendatang. Selain makanan utama yang dimakan tiga kali sehari, anak-anak sangat gemar jajan. Biasanya mereka suka dengan makanan yang dijajakan di dekat sekolah atau sekitar rumah. Oleh karena itu perlunya pendidikan gizi terkait keamanan makanan jajanan disekolah terutama mengenai bahaya formalin salah satunya dengan menggunakan media audio visual berbasis animasi yang memiliki kelebihan yang tidak ada pada media lainnya yaitu: mengikutsertakan semua panca indera, langsung bertatap muka, dan lebih menarik karena ada suara dan gambar bergerak yang tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan dan sikap anak usia sekolah khususnya sekolah dasar.
Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengetahui apakah ada perbedaan pengetahuan dan sikap siswa sebelum dan sesudah pemutaran video animasi edukasi bahaya formalin bagi kesehatan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan dengan one group pretest-posttest design yang menggunakan teknik Purposive Sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 5 SDN Kebayoran Lama Selatan 09. Sampel yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 60 siswa.
Penelitian ini menggunakan uji Paired t test dengan uji kenormalan menggunakan Uji Koormogorov Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ada perbedaan pengetahuan siswa sebelum dan setelah diberikan pemutaran video animasi edukasi bahaya formalin pada makanan jajanan (P-value = 0,000<0,05) , ada perbedaan sikap responden sebelum dan setelah diberikan pemutaran video animasi edukasi bahaya formalin pada makanan jajanan ( P-value = 0,002<0,05) sehingga dapat diasumsikan bahwa Video animasi edukasi bahaya formalin pada makanan jajanan berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap siswa di SDN Kebayoran Lama Selatan 09.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 29 Jun 2022 06:31
Last Modified: 29 Jun 2022 06:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15485

Actions (login required)

View Item View Item