Kajian Fenomenologi Prasangka Sosial Masyarakat Tentang Keturunan Etnis Tionghoa di Kawasan Pecinaan Jakarta Utara

Ulfah, Maria dan Rahman, Nurlina dan Rohim, Syaiful (2017) Kajian Fenomenologi Prasangka Sosial Masyarakat Tentang Keturunan Etnis Tionghoa di Kawasan Pecinaan Jakarta Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_MARIA ULFAH_1306015068.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_MARIA ULFAH_1306015068.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prasangka adalah persepsi yang keliru terhadap seseorang atau kelompok lain yang pada umumnya bersifat negatif. Prasangka membuat seseorang memandang rendah dan bahkan memusuhi orang atau kelompok lain. Penelitian ini mengkaji prasangka sosial masyarakat terhadap keturunan etnis Tionghoa di kawasan Pecinaan, Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dan teori penilaian sosial (Social Judgment Theory) untuk memahami bagaimana individu menilai pesan-pesan yang diterima dari individu lainnya dan memprediksi bagaimana seseorang menerima atau menolak pesan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peneitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah fenomenologi. pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik
analisis data dengan triangulasi sumber Hasil penelitian menunjukan bahwa prasangka sosial antarbudaya ini timbul karena sejarah pada masa kolonial, perbedaan etnis, agama dan budaya. Selain itu, kedua belah pihak merasa tersakiti namun kurangnya komunikasi membuat perasaan tersebut pada kedua belah pihak tidak tersembuhkan dan terus berlangsung hingga saat ini. Penelitian ini secara akademis diharapkan memberi kontribusi terhadap teori penilaian sosial, secara metodologis diharapkan mampu memberi kontribusi terhadap fenomenologi dalam menelaah konflik sosial antarbudaya, secara sosial diharapkan dapat bermanfaat bagi para pengambil kebijakan, agar menciptakan peraturan yang dapat mencegah konflik, secara praktis diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat tentang penyebab konflik sosial agar dapat menghargai perbedaan antar etnik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 29 Jun 2022 06:28
Last Modified: 29 Jun 2022 06:28
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15484

Actions (login required)

View Item View Item