Krisis Humas PT Blue Bird Untuk Pemulihan Citra Perusahaan (Studi Kasus Humas PT Blue Bird Pascademonstrasi Pengemudi Taksi Terhadap Transportasi Daring)

Mewar, Kiki Fatmawaty dan Mustika, Sri dan Haryati, Farida (2017) Krisis Humas PT Blue Bird Untuk Pemulihan Citra Perusahaan (Studi Kasus Humas PT Blue Bird Pascademonstrasi Pengemudi Taksi Terhadap Transportasi Daring). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_KIKI FATMAWATY MEWAR_1206015046.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_KIKI FATMAWATY MEWAR_1206015046.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kasus demonstrasi yang dialami oleh supir taksi Blue Bird dengan transportasi daring disebabkan karena adanya kecemburuan dari transportasi konvensional terhadap transportasi daring.Permasalahan ini menjadi semakin kuat seiring jumlah transportasi daring yang semakin luas. Masyarakat yang mengatasnamakan Paguyuban transportasi konvensional, berdemo di depan Istana Merdeka menuntut agar transportasi daring dihapuskan. Tuntutan tersebut bukan tanpa alasan, banyak alasan yang diutarakan oleh pihak konvensional.Permasalahan tersebut seperti berkurangnya pendapatan mereka karena banyak masyarakat yang beralih ke transportasi daring. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, penggunaan paradima ini dimaksudkan untuk melihat lebih dalam penyelesaian yang dilakukan oleh pihak Humas di PT Blue Bird dan juga melihat cara pihak Humas PT Blue Bird untuk menangani pencitraan PT Blue Bird di pemberitaan media yang ada. Penggunaan teori pada penelitian ini adalah teori sistem yang mengutamakan pengolahan informasi dan komunikasi yang tepat dalam penyelesaian kasus yang terjadi. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan yakni dalam pemulihankrisis PT Blue Bird menggunakan 3 langkah yaitu: Analisis Masalah, Meja Informasi (Desk Information), dan Pilihan Strategi. Langkah dalam pengembalian citranya yaitu: Kepercayaan, Realitas dan Kerja Sama. Penelitian ini melihat strategi humas PT Blue Bird dalam mengatasi kasus dan juga melihat citra yang terjadi di PT Blue Bird.Saran untuk penelitian berikutnya diharapkan bisa meneliti seberapa efektifkah langkah-langkah yang dilakukan oleh PT Blue Bird dengan metode yang mereka lakukan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:51
Last Modified: 29 Jun 2022 04:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15481

Actions (login required)

View Item View Item