Penggambaran Makna Ikhlas dan Sabar pada Tayangan Reality Show Pantang Ngemis

Winda, Frisca Ayu dan Mustika, Sri dan Fajri, Muhammad Dwi (2018) Penggambaran Makna Ikhlas dan Sabar pada Tayangan Reality Show Pantang Ngemis. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_FRISCA AYU WINDA_1106015023.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_FRISCA AYU WINDA_1106015023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Reality Show merupakan salah satu program hiburan televisi yang menyajikan suatu situasi seperti konflik, persaingan, atau hubungan berdasarkan realitas yang sebenarnya. Reality Show juga merupakan tayangan yang menginspirasi banyak orang dengan mengungkapkan berbagai sifat manusia salah satunya ikhlas dan sabar. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas, peneliti mengkaji makna ikhlas dan sabar yang tergambar dalam reality show Pantang Ngemis yang di produksi oleh triwarsana dan ditayangkan di GTV. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif yang meneliti tiap gambar, adegan dan dialog yang menggambarkan makna ikhlas dan sabar, kemudian dikaitkan dengan teori konstruksi realitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan pendekatan yang subyektif. Jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang menguraikan atau menggambarkan suatu kejadi secara jelastanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti. Hasil Penelitian menujukan menunjukan terdapat 6 adegan dan 6 dialog tentang penggambaran makna ikhlas dan sabar. Penggambaran ikhlas ketika tidak terpengaruh oleh pujian dan hinaan orang lain, ikhlas saat amalnya sama ketika sendiri maupun bersama orang lain, ikhlas ketika tidak berbangga diri di hadapan orang lain, serta sabar ketika menghadapi cobaan hidup, sabar dan taat kepada Allah SWT dan Sabar ketika menahan hawa nafsu. Selanjutnya ditemukan juga faktor-faktor yang mengambarkan makna ikhlas dan sabar pada reality show Pantang ngemis, yaitu faktor individu dari Triwarsana yang sudah lama Terjun dalam dunia reality show dan faktor eksternal untuk keperluan bisnis dimana setiap pembuatannya, sudah tentu ada biaya yang keluar, dan pastinya para pekerja media memikirkan bagaimana biaya itu masuk kembali.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:09
Last Modified: 29 Jun 2022 04:09
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15470

Actions (login required)

View Item View Item