Implementasi Kegiatan 15 Menit Membaca Sebelum Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SDN Sumur Batu 14 Pagi Jakarta Pusat

Sabrina, Kamelia Intan dan Pramudiani, Puri (2020) Implementasi Kegiatan 15 Menit Membaca Sebelum Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SDN Sumur Batu 14 Pagi Jakarta Pusat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025235_KAMELIA INTAN SABRINA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025235_KAMELIA INTAN SABRINA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya budi pekerti terutama literasi di sekolah – sekolah, peneliti menyadari gerakan penumbuhan budi pekerti penting untuk dilakukan, maka melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 mendukung kegiatan ini. Upaya yang ditempuh guna mewujudkannya kegiatan pembiasaan membaca pada peserta didik. Pembiasaan ini dengan membaca buku 15 menit saat sebelum pembelajaran untuk membaca novel atau buku yang tidak hanya buku mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh minat membaca dengan Implementasi Permendikbud no.23 Tahun 2015 atau kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sumur Batu 14 Pagi Jakarta Pusat pada semester 1 tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan beberapa siswa kelas V SDN Sumur Batu 14 Pagi yang berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Google Form dan observasi. Kuesioner Google Form digunakan untuk mengumpulkan data minat membaca serta mengukur kemampuan membaca siswa. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data, wawancara dan dokumentasi pendukung penelitian. Berdasarkan penelitian, diketahui hasil dari Implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca di SDN Sumur Batu 14 Pagi sudah cukup baik. Hal ini ditunjukan dengan hasil kuesioner siswa, observasi, dan wawancara serta dokumentasi yang menunjukan bahwa sekolah SDN Sumur Batu 14 Pagi sudah cukup baik menerapkan Implementasi Permendikbud nomor 23 Tahun 2015 tentang kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:23
Last Modified: 29 Jun 2022 02:23
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15454

Actions (login required)

View Item View Item