Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Ekosistem

Sakynah, Endah Nur Mauli dan Murwitaningsih, Susanti (2020) Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1601125051_ENDAH NUR MAULI SAKYNAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1601125051_ENDAH NUR MAULI SAKYNAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah pada materi ekosistem. Penelitian dilakukan dari bulan Maret hingga Juli 2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Babelan Bekasi Utara yang beralamat di Jalan Janur 9 No. 30, Kebalen, Babelan, Bekasi, Jawa Barat. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMAN 1 Babelan yang sudah menerima materi ekosistem. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, X IPA 4, X IPA 5, X IPA 6, X IPA 7. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan pengembangan (Development Research) menggunakan model pengembangan Formative Evaluation yang diadaptasi dari (Tessmer, 1994). Instrumen tes penilaian yang dikembangkan berupa tes dalam bentuk soal uraian dengan jumlah 12 soal yang terdiri dari 6 indikator yaitu mendefinisikan masalah, memeriksa masalah, merencanakan solusi, melaksanakan rencana, memeriksa solusi, dan mengevaluasi. Langkah-langkah pengembangan instrumen terdiri dari beberapa tahap yaitu self evaluation (konstruksi soal, kisi-kisi, kunci jawaban, dan pedoman penskoran), expert review-one to one (validasi logis pakar dan uji coba prototipe I), small group (uji coba prototipe II), dan field test (uji coba prototipe final). Validasi logis dilakukan oleh pakar yang meliputi validasi konstruk, isi dan bahasa. Validasi empirik dilakukan pada uji coba small group dan field test. Hasil penelitian menunjukan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah sudah memenuhi syarat instrumen yang baik yakni valid dan reliabel. Selain itu digunakan angket untuk memperoleh tanggapan dari siswa terhadap soal yang dikembangkan. Berdasakan hasil penelitian jumlah soal yang valid sebanyak 10 butir soal valid yang telah mewakili 6 indikator kemampuan pemecahan masalah. Jumlah soal valid terdiri dari 10 butir soal dengan persentase 83% dan 2 butir soal tidak valid dengan persentase 17%. Selanjutnya pengujian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach didapatkan nilai r11 sebesar 0,73 (tinggi).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 28 Jun 2022 10:07
Last Modified: 28 Jun 2022 10:07
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15448

Actions (login required)

View Item View Item