Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di SMAN 7 Tambun Selatan

Kurniawati, Rowinda dan Meitiyani, Meitiyani dan Safahi, Luthpi (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di SMAN 7 Tambun Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125086_ROWINDA KURNIAWATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125086_ROWINDA KURNIAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem gerak. Populasi penelitian ini adalah 246 siswa kelas XII IPA yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XII IPA 6 sebanyak 38 siswa yang diambil secara cluster random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 26 soal pilihan ganda dengan 6 indikator. Pencapaian keenam indikator berpikir kritis dari seluruh siswa pun berbeda, dimana pencapaian indikator berpikir kritis melakukan induksi memperoleh persentase paling tinggi yaitu 48,12% (rendah) dibanding indikator lainnya. Indikator berpikir kritis merumuskan masalah memperoleh persentase 47,89% (rendah), indikator berpikir kritis mengambil keputusan dan tindakan memperoleh persentase 47,36% (rendah), indikator berpikir kritis memberikan argumen memperoleh persentase 44,73% (rendah) dan indikator berpikir kritis melakukan deduksi memperoleh persentase 31,14% (sangat rendah), serta indikator berpikir kritis melakukan evaluasi memperoleh persentase 30,70% (sangat rendah) dimana pencapaian kedua indikator ini paling rendah dibandingkan dengan indikator lainnya. Sehingga diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis seluruh siswa kelas XII IPA 6 SMAN 7 Tambun Selatan yaitu 41,65% dengan kategori rendah. Faktor yang menyebabkan kemampuan berpikir kritis yaitu faktor internal (intelegensi, minat) dan faktor eksternal (metode pembelajaran, alat pelajaran, dan guru).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:15
Last Modified: 28 Jun 2022 08:15
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15432

Actions (login required)

View Item View Item