Pengaruh Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI pada Materi Jaringan Tumbuhan

Ningsih, Alviana dan Akbar, Budhi dan Eka Kartikawati, Eka (2019) Pengaruh Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI pada Materi Jaringan Tumbuhan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125006_ALVIANA NINGSIH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125006_ALVIANA NINGSIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran GI (Group Investigation) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI pada materi struktur dan jaringan tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 Kota Tangerang pada semester ganjil tahun pelajaran 2019-2020 pada bulan Agustus-September 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasy Experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI MIPA SMAN 15 Kota Tangerang. Teknik pengambilan sampel dengan mengunakan teknik cluster random sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 37 orang dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes pilihan ganda untuk mengukur keterampilan proses sains siswa yang terdiri dari 35 soal. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol. Hal ini dapat terlihat pada skor rata-rata posttest siswa kelas eksperimen memperoleh nilai 75,5 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 67,4. Dari hasil perhitungan uji t didapat thitung=5,01 sedangkan nilai t untuk a=1% dengan db=72 diperoleh nilai t0,99(72)=2,65. Dengan demikian thitung>t0,99(72) maka terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Penggunaan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI di SMA Negeri 15 Kota Tangerang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:55
Last Modified: 28 Jun 2022 07:55
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15429

Actions (login required)

View Item View Item