Keadaan Psikologi Pada Tokoh Utama dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi (Kajian Psikologi sastra dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA).

Nugroho, arif dan Sukardi, Sukardi dan Syafii, Imam (2019) Keadaan Psikologi Pada Tokoh Utama dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi (Kajian Psikologi sastra dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1809059001_ARIF NUGROHO.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1809059001_ARIF NUGROHO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perwatakan tokoh Alif dalam novel novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi yaitu tokoh Alif yang memiliki bertanggung jawab, mandiri, pemalu, percaya diri, bersyukur, banyak ide, pantang menyerah, taat beribadah, solidaritas, antusias, penyayang, penakut, suka menolong, bangga diri, kegigihan, penasaran, suka bercanda, menghibur diri, pandai merayu dan melobi. Keadaan psikologis yang dialami tokoh utama dalam novel Rantau 1 Muara meliputi das es (id), das ich (ego), dan das ueber ich (superego). Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil analisis psikologi pada novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi dapat diketahui bahwa kepribadian tokoh utama dipengaruhi oleh Id, Ego, dan Super ego. Novel Rantau 1 Muara ini terdapat 109 keadaan Id yang tersirat dalam perilaku tokoh, 248 keadaan Ego yang tersirat dalam perilaku tokoh, dan 127 keadaan Super Ego yang tersirat dalam perilaku tokoh yang dilakukan. Keadaan psikologis tokoh utama yang dilihat dari aspek Id, Ego, dan Super ego berperan untuk watak tokoh alif sebagai tokoh utama dalam novel ini. Dalam tinjauan psikologi sastra, novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi memiliki aspek psikologis khususnya kepribadian yang meliputi Id, Ego, dan Super ego. Dari ketiga aspek tersebut, ego yang paling banyak muncul atau yang paling banyak dimiliki oleh tokoh utama. kepribadian tersebut muncul karena tokoh utama memiliki cita-cita dan keinginan atau ambisi untuk sukses dalam menjalani kehidupannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keadaan Psikologis tokoh utama, perwatakan dan implikasinya, novel Rantau 1 Muara, Aspek Psikologi Sastra.
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:47
Last Modified: 07 Jul 2022 03:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15414

Actions (login required)

View Item View Item