Hubungan Asupan Zat Gizi, Pola Makan dan Pengetahuan Gizi dengan Status Gizi Santri di Pondok Pesantren Yatim At_thayyibah Kecamatan Caringin Sukabumi

Nurwulan, Endah dan Furqan, Mohammad dan Safitri, Debby Endayani (2016) Hubungan Asupan Zat Gizi, Pola Makan dan Pengetahuan Gizi dengan Status Gizi Santri di Pondok Pesantren Yatim At_thayyibah Kecamatan Caringin Sukabumi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1205025023_ENDAH NURWULAN.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1205025023_ENDAH NURWULAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat dari konsumsi makanan (intake) dan penggunakan zat-zat gizi di dalam tubuh. Remaja rentan mengalami masalah gizi karena merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa yang ditandai dengan perubahan fisik, fisiologis, dan psikososial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara asupan zat gizi, pola makan, dan pengetahuan gizi dengan status gizi santri di pondok pesantren yatim At-Thayyibah Kecamatan Caringin Sukabumi. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional, dilakukan pada bulan Agustus 2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan mengambil semua santri yang memenuhi kriteria inklusi dan kriteria eksklusi sebanyak 76 sampel. Analisis Data menggunakan Uji Chi-Square dengan derajat kemaknaan (α= 0,05). Hasil analisis univariat menunjukkan sebagian besar santri memiliki asupan energi kurang sebanyak 60,5%, asupan protein kurang sebanyak 75%, asupan lemak cukup sebanyak 77,6%, asupan karbohidrat kurang sebanyak 52,6%, pola makan cukup sebanyak 53,9, pengetahuan gizi cukup sebanyak 85,5%, dan status gizi (IMT/U) normal sebanyak 69,7%. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna antara asupan energi dengan status gizi (p-value=0,352), asupan protein dengan status gizi (p-value=0,507), asupan lemak dengan status gizi (p-value=0,087), asupan karbohidrat dengan status gizi (p-value=0,820), pola makan dengan status gizi (p-value=0,732), dan pengetahuan gizi dengan status gizi (p-value=0,404). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna (p>0,05) antara asupan zat gizi, pola makan, dan pengetahuan gizi dengan status gizi santri di pondok pesantren yatim At_Thayyibah Kecamatan Caringin Sukabumi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:38
Last Modified: 28 Jun 2022 06:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15408

Actions (login required)

View Item View Item