Penguasaan Keterampilan Proses Sains Calon Guru Biologi

Rahma, Hanifah Awalia . dan Sukandar, Paskal dan Luthpi Safahi, Luthpi (2019) Penguasaan Keterampilan Proses Sains Calon Guru Biologi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125045_HANIFAH AWALIA RAHMA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125045_HANIFAH AWALIA RAHMA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penguasaan tes keterampilan proses sains yang dikuasai mahasiswa serta faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan keterampilan proses sains tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2019. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2016 dengan jumlah 55 mahasiswa yang dipilih secara total sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains dan angket untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan proses sains, kemudian di analisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan kemampuan penguasaan keterampilan proses sains mahasiswa dengan rata-rata sebesar 56,25%. Menurut perhitungan pencarian persentase termasuk ke dalam kategori cukup. Dari kesembilan indikator penyusunan tes keterampilan proses sains yang diujikan yaitu indikator interpretasi 27,5%, klasifikasi 34,5%, mengajukan pertanyaan 32,9%, komunikasi 56,9%, memprediksi 55,5%, mengajukan hipotesis 62,5%, observasi 37,5%, merencanakan percobaan penelitian 22,9% dan aplikasi 63,5%. Dari data tersebut menjelaskan bahwa keempat indikator keterampilan proses sains yang dikuasai mahasiswa termasuk kedalam kriteria kurang. Kurangnya kemampuan penguasaan keterampilan proses sains mahasiswa dapat dipengaruhi oleh faktor yang ada pada dalam diri mahasiswa atau yang ada di luar diri mahasiswa. Faktor-faktor itu antara lain menetapkan satu aspek yang harus diukur dan jelas, membuat butir soal keterampilan proses sains dalam bentuk pilihan ganda, membuat soal yang tidak dibebani oleh konsep dan menampilkan gambar untuk dapat menghadirkan objek.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:15
Last Modified: 28 Jun 2022 06:15
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15394

Actions (login required)

View Item View Item