Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati

Yunita, Fani dan Setyaningsih, Maryanti dan Luthpi Safahi, Luthpi (2019) Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125040_FANI YUNITA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125040_FANI YUNITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMAN 34 Jakarta. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMAN 34 Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA yang berjumlah 33 siswa yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2019. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI). Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal tes diagnostik keanekaragaman hayati sebanyak 30 butir soal dan angket sebanyak 40 butir pertanyaan. Penyajian analisis hasil tes dikategorikan paham konsep sebesar 64.2%, tidak paham konsep sebesar 18.6%, dan miskonsepsi sebesar 17.2%. Miskonsepsi tertinggi terjadi pada sub materi keanekaragaman ekosistem (29.70%), dan keanekaragaman gen (21.21%). Jika dilihat dari tanggapan siswa mengenai faktor penyebab miskonsepsi terjadi karena materi keanekaragaman hayati tingkat ekosistem sulit dipahami memiliki persentase sebesar 52.1%, dan siswa kurang menguasai ciri-ciri keanekaragaman hayati tingkat ekosistem memiliki persentase sebesar 49.7%. Sedangkan pada keanekaragaman hayati tingkat gen siswa sulit memahami karena keanekaragaman hayati tingkat spesies berkaitan dengan gen memiliki persentase sebesar 51.5%. Faktor lain yang dapat menyebabkan miskonsepsi yaitu guru (68.4%), siswa (59.5%), metode mengajar (56.6%), konteks (55.2%), dan buku teks (46.7%). Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi pada sub materi keanekaragaman tingkat ekosistem dan keanekaragaman tingkat gen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:11
Last Modified: 28 Jun 2022 06:11
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15392

Actions (login required)

View Item View Item