Peran Komisi Penyiaran Indonesia (Kpi) Dalam Pengawasan Terhadap Tayangan Asing Di Tv (Studi Terhadap Tayangan Serial India Di Antv).

Amalia, Nia dan Mustika, Sri dan Wahdiyati, Dini (2017) Peran Komisi Penyiaran Indonesia (Kpi) Dalam Pengawasan Terhadap Tayangan Asing Di Tv (Studi Terhadap Tayangan Serial India Di Antv). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_1306015081_Nia Amalia.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_1306015081_Nia Amalia.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Stasiun Televisi ANTV adalah salah satu stasiun televise swasta yang ada di Indonesia dengan berbagai program acara yang ditayangkan salah satunya adalah serial India. Disamping itu terdapat lembaga independent bernama komisi penyiaran Indonesia yang memiliki peran dan wewenang terhadap batasan program siaran di televisi Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran KPI dalam pengawasan terhadap tayangan serial India dan menjadi subjek adalah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran KPI dalam pengawasan terhadap tayangan serial India. Penelitian menggunakan teori tanggung jawab sosial (Sosial Responsibility Theory). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan pendekatan kuliatatif dengan metode penelitian studi Kasus. Informan penelitian ini dengan cara Snowbolling adalah Wakil Ketua KPI, Anggota Bidang Pengawasan Isi Siaran KPI, dan Manager Corporate Comunication ANTV. Hail penelitian terdapat konten-konten kekerasan dan pornografi pada tayangan serlal India seperti makian, kata-kata kasar ,penyiksaan dan pengrusakan barang-barang secara kasar. Media massa masih banyak yang belum mematuhi kaidah penyiaran yang tertuang di dalam pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran, maka dari itu media melakukan banyak pelanggaran-pelanggaran pada konten maupun isi siaran karena,budaya patuh hukum dan di Indonesia belum berlangsung secara benar. Kegiatan KPI dalam pengawasan isi siaran memiliki beberapa kegiatan dalam mengawasi tayangan-tayangan televisi yaitu menampung aduan masyarakat, pemantauan langsung, meneliti dan menindaklanjuti keluhan isi siaran kemudian memberikan sanksi administratif berupa teguran , penghentian sementara program.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 28 Jun 2022 05:01
Last Modified: 28 Jun 2022 05:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15390

Actions (login required)

View Item View Item