Pemetaan Keterampilan Kompetensi Menulis Al-Qur’an Guru Pendidikan Agama Islam SMA Dan SMK Di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan

Mahendra, Angga dan Liza, Fitri (2018) Pemetaan Keterampilan Kompetensi Menulis Al-Qur’an Guru Pendidikan Agama Islam SMA Dan SMK Di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka.

[thumbnail of Fai_Pendidikan Agama Islam_ 1407015067_ Angga Mahendra.pdf]
Preview
Text
Fai_Pendidikan Agama Islam_ 1407015067_ Angga Mahendra.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Keterampilan Menulis Al Qur‟An Delapan Sekolah Guru Pendidikan Agama Islam. Peneliti Menggunakan Penelitian Dengan Pendekatan Kualitatif Menekankan Analisis Proses Dari Proses Berfikir Secara Induktif Yang Berkaitan Dengan Dinamika Hubungan Antar Fenomena Yang Diamati, Dan Senantiasa Menggunakan Logika Ilmiah. Pengumpulan Data Pada Proses Ini Yaitu Wawancara, Observasi Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Kompetensi Keterampilan Delapan Sekolah Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menulis Al Qur‟An Adalah Untuk Menulis Huruf Hijaiyah 91%, Untuk Menulis Huruf Sambung 91%, Untuk Menulis Surah Al Qur‟An 85% Dan Jumlah Seluruhnya Adalah 89%, Kesalahan Yang Banyak Terdapat Di Menulis Surah Al Qur‟An Dan Kemampuan Menulis Al Qur‟An Sangat Penting Sekali Utnuk Di Kuasai Serta Itu Merupakan Hard Skill Guru Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Pertama, Keterampilan Menulis Al Qur‟An Merupakan Hard Skill Yang Harus Di Kuasai, Menjadi Guru Pendidikan Agama Islam Seharusnya Mempunyai Latar Belakang Sekolah Islam, Karena Guru Agama Harus Mempunyai Kemampuan Dan Kecakapan Yang Harus Dimiliki, Jika Latar Belakangnya Dari Sekolah Umum, Maka Di Tuntut Untuk Aktif Dalam Pencapaian Kemampuan Dan Kecakapan Yang Harus Dimiliki. Kedua, Dari Pihak Sekolah Atau Lembaga Pemerintah Dalam Ujian Atau Penilaian Untuk Guru Pendidikan Agama Islam Masih Bersifat Kognitif, Belum Ada Ujian Atau Penilaian Terkait Hard Skill Salah Satunya Keterampilan Menulis Al Qur‟An. Ketiga Kesalahan Terbanyak Terdapat Di Point Ketiga, Yaitu Menulis Surah Al Qur‟An Dan Ada Terdapat Beberapa Kesalahan Di Point Kedua.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Skripsi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: libfai libfai libfai
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:22
Last Modified: 28 Jun 2022 04:22
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15375

Actions (login required)

View Item View Item