Pengaruh Pemberian Tepung Maggot (Hermetia illucens) Pada Pakan Ikan Terhadap Pertumbuhan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias sp.) Usia 2 Minggu

Kartika, Excel dan Maryanti Setyaningsih, Maryanti Setyaningsih dan Meitiyani, Meitiyani (2019) Pengaruh Pemberian Tepung Maggot (Hermetia illucens) Pada Pakan Ikan Terhadap Pertumbuhan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias sp.) Usia 2 Minggu. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125038_EXCEL KARTIKA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125038_EXCEL KARTIKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung maggot (Hermetia illucens) terhadap pertumbuhan benih ikan lele Sangkuriang (Clarias sp.) di Greenhouse Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka pada bulan Februari - Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan menggunakan desain penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 ulangan dan 6 perlakuan yaitu pemberian konsentrasi maggot 10% (P1), 20% (P2), 30% (P3), 40% (P4), 50% (P5) dan perlakuan kontrol (tanpa maggot). Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah pertumbuhan berat mutlak (gr), pertumbuhan panjang mutlak (cm), pertumbuhan berat relatif (%) dan pertumbuhan panjang relatif (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase maggot 30% dan tepung ikan 70% memberikan peningkatan pertumbuhan dan kelangsungan hidup yang baik bagi ikan lele Sangkuriang (Clarias sp.). Uji statistik pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa pemberian pakan tepung maggot berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap panjang mutlak, berat relatif dan panjang relatif namun tidak berpengaruh signifikan terhadap berat mutlak dan rasio efisiensi pakan. Secara umum pemberian tepung maggot dapat meningkatkan laju pertumbuhan ikan lele Sangkuriang (Clarias sp.) pada parameter pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:18
Last Modified: 28 Jun 2022 04:18
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15371

Actions (login required)

View Item View Item