Pengaruh Pemberian Teh Rambut Jagung Terhadap Kadar Tekanan Darah Pasien Hipertensi Primer Di Puskesmas Pisangan Kota Tangerang Selatan Tahun 2016

Sahla, Ajeng Restia dan Kusumaningrum, Indah dan Kusindrati, Kusindrati (2016) Pengaruh Pemberian Teh Rambut Jagung Terhadap Kadar Tekanan Darah Pasien Hipertensi Primer Di Puskesmas Pisangan Kota Tangerang Selatan Tahun 2016. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_1205025004_AJENG RESTIA SAHLA.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_1205025004_AJENG RESTIA SAHLA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hipertensi adalah suatu keadaan ketika tekanan darah meningkat secara kronis yang dapat mengakibatkan komplikasi yang berbahaya dan berakibat fatal seperti stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal ginjal. Pengobatan hipertensi pada umunya membutuhkan jangka waktu yang lama dan menimbulkan efek samping. Salah satu cara untuk menurunkan hipertensi selain menggunakan obat-obatan adalah dengan menggunakan ramuan tradisional seperti teh rambut jagung.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian teh rambut jagung terhadap kadar
tekanan darah pasien hipertensi primer di Puskesmas Pisangan. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen design dengan pre test and post test one group design menggunakan data pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Pisangan yang terdiri dari 35 orang. Semua subjek diberikan intervensi pemberian teh rambut jagung dengan bahan dasar 30 gram rambut jagung dan 15 gram madu yang dijadikan teh sebanyak 150 ml. Pemberian teh tersebut diberikan sebanyak satu kali
selama lima hari. Pengukuran tekanan darah dilakukan sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian diuji statistik menggunakan analisis t berpasangan.
Hasil menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna antara tekanan darah sistolik dan diastolik sebelum pemberian teh rambut jagung terhadap tekanan darah sistolik dan diastolik sesudah intervensi pemberian teh rambut jagung (p-value = 0,000 untuk t-test). Hal ini menunjukkan terapi pemberian teh rambut jagung berpengaruh terhadap kadar tekanan darah pada pasien hipertensi primer.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:16
Last Modified: 28 Jun 2022 03:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15354

Actions (login required)

View Item View Item