Pengembangan Media Augmented Reality Berbasis Android dalam Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Untuk Kelas V di SDN Mangun Jaya 01 Bekasi

Ramadhanti, Mutiara Purnama dan Supriansyah, Supriansyah (2020) Pengembangan Media Augmented Reality Berbasis Android dalam Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Untuk Kelas V di SDN Mangun Jaya 01 Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025208_MUTIARA PURNAMA RAMADHANTI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025208_MUTIARA PURNAMA RAMADHANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan aplikasi Ilmu Pengetahuan Alam dalam materi Siklus Air berbasis Augmented Reality untuk peserta didik pada tingkat sekolah dasar, (2) Untuk mengetahuai kualitas produk media pembelajaran Siklus Air berbasis Android untuk peserta didik tingkat sekolah dasar yang layak digunakan dalam Ilmu Pengetahuan Alam. Aspek-aspek yang digunakan untuk uji media pada tahap uji lapangan meliputi kemampuan untuk dapat dilaksanakan (implementability), kesinambungan (sustainability), kecocokan dengan lingkungan (appropriateness), penerimaan dan kemenarikan (acceptance and attractiveness), dan efektivitas (effectiveness). Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran augmented reality (AR) versi Android untuk materi siklus air dapat diterima dengan baik dan dinilai dapat digunakan dengan baik dalam pembelajaran IPA di kelas 5. Media pembelajaran AR versi Android untuk materi siklus air secara efektif dapat membantu guru dan siswa dalam pembelajaran IPA, khususnya pada saat pembelajaran online. Melalui media tersebut, siswa dapat terbantu untuk memahami materi siklus air dengan baik, dan guru dapat terbantu untuk mencapai tujuan pembelajarannya dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:59
Last Modified: 27 Jun 2022 07:59
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15342

Actions (login required)

View Item View Item