Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Pictorial Riddle Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X SMA.

Fitriana, Ariyani dan Meitiyani, Meitiyani dan Susilo, Susilo (2019) Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Pictorial Riddle Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125015_ARIYANI FITRIANA.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_1501125015_ARIYANI FITRIANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan informasi tentang pencapaian keterampilan dasar dan penting bagi siswa, sehingga keterampilan proses sains perlu diukur dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengukur keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry berbasis pictorial riddle dalam pembelajaran biologi pada materi ekosistem. Waktu penelitian yang dilakukan mulai bulan maret 2019 sampai juli 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA Negeri 1 Cikarang Utara yang berjumlah enam kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dipilih dua kelompok penelitian, yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment (eksperimen semu) dan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Pengambilan data posttest dilakukan diakhir pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata keterampilan proses sains pada kelas eksperimen sebesar 77.53 sedangkan kelas kontrol sebesar 71.11. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry berbasis pictorial riddle. Analisis data melalui uji hipotesis diperoleh thitung(3,71) dan ttabel (2,666) pada taraf signifikan a=1% sehingga diperoleh thitung>ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry berbasis pictorial riddle terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:08
Last Modified: 27 Jun 2022 08:09
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15341

Actions (login required)

View Item View Item