Persepsi Guru Biologi Terhadap Penggunaan Mobile learning dalam Pembelajaran Biologi

Hizhwati, Dina dan Amirullah, Gufron dan Susilo, Susilo (2019) Persepsi Guru Biologi Terhadap Penggunaan Mobile learning dalam Pembelajaran Biologi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_150112032_DINA HIZHWATI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN BIOLOGI_150112032_DINA HIZHWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mobile learning merupakan teknologi pembelajaran yang dapat mengubah cara berkomunikasi, berinteraksi, dan berperilaku siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi guru biologi terhadap mobile learning dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix-method. Data dianalisis menggunakan pengukuran Rasch model melalui perangkat lunak Winstep 4.4.4. dengan menganalisis kualitas pernyataan dan karakteristik responden, reliabilitas item dan responden, pengelompokan item dan responden, konsistensi responden, dan perbedaan persepsi responden berdasarkan profil demografi. Sampel penelitian diperoleh dengan purposive sampling. Sejumlah 50 orang guru biologi dari 35 sekolah SMP, SMA, dan MAN di provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat digunakan sebagai sampel dalam penelitian. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang terdiri atas 64 butir pernyataan dan dua butir pertanyaan mengenai pengetahuan mobile learning, pemanfaatan dan pengaruh mobile learning terhadap pembelajaran biologi digunakan untuk pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru terhadap mobile learning berada pada kategori baik sampai sangat baik. 32 item kuesioner memiliki nilai di bawah nilai rata-rata logit +0.00 yang berarti item relatif mudah disetujui responden dan 49 responden sangat konsisten dalam menjawab (logit + 1.35). Hambatan penggunaan mobile learning yang paling sering terjadi adalah siswa sering menyalahgunakan smartphone dalam proses pembelajaran. Harapan guru terhadap mobile learning adalah adanya smartphone yang dirancang khusus untuk pembelajaran, sehingga hambatan-hambatan tersebut dapat teratasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:03
Last Modified: 27 Jun 2022 07:06
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15330

Actions (login required)

View Item View Item