Hubungan Antara Penampilan, Citarasa, Dan Penyajian Makanan Biasa Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Ruang Teratai Dan Ruang GPS (Gedung Profesor Dr. Suwarto) Kelas Perawatan III Di Rsup Fatmawati Jakarta Selatan.

Windari, Yusti Dwi dan Ali, Ningti Budiarti dan Kusumaningrum, Indah (2015) Hubungan Antara Penampilan, Citarasa, Dan Penyajian Makanan Biasa Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Ruang Teratai Dan Ruang GPS (Gedung Profesor Dr. Suwarto) Kelas Perawatan III Di Rsup Fatmawati Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_0905025068_YUSTI DWI WINDARI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_0905025068_YUSTI DWI WINDARI.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Kepuasan pasien adalah indikator pertama dari standar suatu rumah sakit dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tingkat kepuasan pasien rawat inap ruang Teratai dan ruang GPS (Gedung Profesor Dr. Suwarto) kelas perawatan III terhadap penampilan makanan, citarasa, dan penyajian makanan biasa di RSUP Fatmawati Jakarta Selatan.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Analisis univariat untuk mengetahui gambaran karakteristik responden, penilaian penampilan makanan, penilaian citarasa makanan, penilaian penyajian makanan, dan penilaian kepuasan pasien. Analisis bivariat untuk menganalisis hubungan penampilan makanan dengan tingkat kepuasan pasien, hubungan
citarasa makanan dengan tingkat kepuasan pasien, dan hubungan penyajian makanan dengan tingkat kepuasan pasien.
Dari hasil penelitian, penampilan makanan diperoleh 75 responden (60%) menyatakan baik. Citarasa makanan diperoleh 74 responden (59%) menyatakan baik. Penyajian makanan diperoleh 71 responden (56%) menyatakan baik. Analisis uji chi-square diperoleh adanya hubungan yang bermakna antara hubungan penampilan makanan dengan tingkat kepuasan pasien, hubungan citarasa makanan dengan tingkat kepuasan pasien, dan hubungan penyajian makanan dengan tingkat kepuasan pasien. Disarankan kepada institusi agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas program pelayanan gizi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:42
Last Modified: 27 Jun 2022 06:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15284

Actions (login required)

View Item View Item