Gambaran Sisa Makanan, Penampilan Makanan Dan Cita Rasa Makanan Pasien Diet Rendah Garam Di Ruang Rawat Inap Kelas Di Rsud Dr.Adjidarmo Rangkasbitung Lebak Tahun 2015.

Pratiwi, Riska Dwi dan Furqan, Mohammad dan Kusumaningrum, Indah (2016) Gambaran Sisa Makanan, Penampilan Makanan Dan Cita Rasa Makanan Pasien Diet Rendah Garam Di Ruang Rawat Inap Kelas Di Rsud Dr.Adjidarmo Rangkasbitung Lebak Tahun 2015. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

[thumbnail of FIKES_GIZI_0905025047_RISKA DWI PRATIWI.pdf]
Preview
Text
FIKES_GIZI_0905025047_RISKA DWI PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumah sakit merupakan suatu tempat atau sarana yang menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan. Pelayanan Gizi Rumah Sakit adalah kegiatan pelayanan gizi di rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat rumah sakit baik rawat inap maupun rawat jalan. Sisa makanan merupakan suatu dampak dari sistem pelayanan gizi di rumah sakit. Diet rendah garam mempengaruhi rasa makanan. Tujuan penelitian mengetahui sisa makanan, penampilan makanan dan cita rasa makanan pasien diet rendah garam di ruang rawat inap kelas III di RSUD Dr.Adjidarmo Rangkasbitung Lebak Tahun 2015.
Penelitian ini mengunakan rancangan penelitian cross sectional. Pemilihan sampel dilakukan secara accidental sampling, responden adalah pasien rawat inap kelas III yang mendapat diet rendah garam. Jumlah sampel yang diambil 32 responden. Pengumpulan data melalui wawancara dan dengan mengunakan kuesioner. Hasil analisis univariat yaitu responden yang menyatakan
sisa makanan yang baik (sisa makanan kurang dari 25%) sebanyak 75% pada sore. Penampilan makanan pada bentuk yaitu lauk hewani mengatakan menarik 21.9% pada makan siang. Pada besar porsi yaitu nasi/bubur mengatakan sesuai 62.5% pada makan siang. Cita rasa makanan pada rasa yaitu lauk hewani mengatakan enak 18.8% pada makan siang. Suhu yaitu lauk nabati dan sayur mengatakan sesuai 18.8% pada makan siang. Saran yang diberikan adalah melakukan penilaian sisa makanan penampilan makanan dan cita rasa makanan pasien diet rendah garam secara berkala dengan tujuan menurunkan tingkat sisa makanan, penampilan makanan dan cita rasa makanan pasien diet rendah garam yang dihidangkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: libfikes libfikes libfikes
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:29
Last Modified: 27 Jun 2022 06:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15274

Actions (login required)

View Item View Item