Pemakaian Kohesi Leksikal Dalam Lirik Lagu Religi Album Opik Dan Implikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA (Penelitian Analisis makna)

Zawati, Yuli dan Akhadiah, Sabarti dan Hikmat, Ade (2019) Pemakaian Kohesi Leksikal Dalam Lirik Lagu Religi Album Opik Dan Implikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA (Penelitian Analisis makna). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1709057019_YULI ZAWATI.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1709057019_YULI ZAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan fungsi pemakaian Kohesi leksikal dalam lirik lagu religi album Opik dan implikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dapat dianalisis
secara deskriptif, dengan objek penelitian adalah lirik-lirik lagu yang terdapat dalam album opik. Berdasarkan penelitian terhadap hasil analisis bahwa opik menggunakan berbagai jenis-jenis kohesi leksikal dalam lirik lagunya. Dari semua jenis kohesi leksikal yang ada, terdapat 6 jenis kohesi leksikal yang terdapat dalam kutipan-kutipan lirik lagu opik, yaitu sinonim, antonim, hiponim, repitisi, kolokasi, dan ekuivalensi. Jenis-jenis tersebut berfungsi menghidupkan kata, frasa atau kalimat dapat dikomunikasikan baik amanat kepada pendengar atau penikmat sastra. selain itu pemakian kohesi leksikal inimengundang daya tarik dan nuansa kebahasaan yang hidup kepada penikmat lagu atau sastra sehingga mudah memahami makna dari lirik lagu tersebut. Implikasinya terhadap pembelajaran sastra, yaitu siswa dapat memahami kandungan kohesi leksikal dalam lirik lagu album opik sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran apresiasi sastra di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kohesi Leksikal, Analisis, Lirik lagu, dan Implikasi dalam pembelajaran
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:17
Last Modified: 27 Jun 2022 01:17
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15247

Actions (login required)

View Item View Item