Pengaruh Strategi Pembelajaran Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Pemahaman Bacaan Siswa SMKN 3 Kota Bekasi

Kumorowati, Tri Dyah dan Emzir, Emzir dan Safii, Imam (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Pemahaman Bacaan Siswa SMKN 3 Kota Bekasi. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1709057017_TRI DYAH KUMOROWATI.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1709057017_TRI DYAH KUMOROWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaktif strategi pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap pemahaman bacaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, lebih spesifik eksperimen faktorial 2x2. Sampel yang digunakan 80 siswa. Sebagai pendekatan eksperimen siswa mendapatkan treatment dua strategi pembelajaran membaca yaitu SAVI dan SQ3R. Penelitian ini menggunakan teknik proposional random sampling dari seluruh kelas X SMM Negeri Kota Bekasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian tes pemahaman bacaan dan tes penguasaan kosakata. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen penelitian dengan uji validitas dan reliabilitas,. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji Anova 2 jalur. Dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil pengujian yang diperoleh bahwa nilai sig = 0,000<0,05 dan Fh = 14,104. Dalam hal ini penggunaan strategi pembelajaran SAVI menyebabkan kemampuan membaca pemahaman lebih tinggi disbanding kemampuan membaca pemahaman yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran SQ3R. Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan strategi pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil pengujian yang diperoleh bahwa nilai sig = 0,000<0,05 danFh =28,962. Dalam hal ini penggunaan strategi pembelajaran SAVI dan penguasaan kosakata tinggi menyebabkan kemampuan membaca pemahamanlebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Membaca, Kosakata, SAVI, SQ3R
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:17
Last Modified: 27 Jun 2022 01:17
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15242

Actions (login required)

View Item View Item