Efikasi Guru dalam Menangani Anak Tunarungu di Sekolah Inklusi Montessori Aluna Jakarta Selatan

Rupitasari, Dian dan Masykuroh, Khusniyati (2020) Efikasi Guru dalam Menangani Anak Tunarungu di Sekolah Inklusi Montessori Aluna Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PENDIDIKAN ANAK USIA DINI_1601035004_DIAN RUPITASARI.pdf]
Preview
Text
FKIP_PENDIDIKAN ANAK USIA DINI_1601035004_DIAN RUPITASARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana efikasi guru dalam menangani anak tunarungu di Sekolah Inklusi Montessori Aluna Jakarta Selatan, (2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi efikasi guru dalam menangani anak tunarungu di Sekolah Inklusi Montessori Aluna Jakarta Selatan, (3) Mengetahui klasifikasi serta dampak dari efikasi guru di Sekolah Inklusi Montessori Aluna Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 (orang) yaitu Guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Data dianalisis teknik deskriptif kualitatif dengan validasi data menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru memiliki keyakinan dan kepercayaan diri sehingga melahirkan efikasi guru. Sehingga pada saat mengajar di dalam kelas, guru tidak merasa khawatir dan ragu-ragu. (2) Efikasi guru diperoleh dari pengalaman mengajar masing-masing, pengalaman keberhasilan dan kegagalan oranglain, persuasi verbal dan kondisi emosi. (3) Guru mengatasi kegagalan dengan menghadapinya dan mengatasi setiap kesulitannya masing-masing. (4) Efikasi Guru yang tinggi melahirkan keyakinan dan kepercayaan diri yang kuat sehingga dapat mewujudkan tujuan pendidikan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 10:15
Last Modified: 24 Jun 2022 10:15
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15219

Actions (login required)

View Item View Item