Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Film “Tanah Surga Katanya”

Ramadani, Senja dan Puspita, Virienia dan Wahdiyati, Dini (2015) Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Film “Tanah Surga Katanya”. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_1106015055_SENJA RAMADANI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_1106015055_SENJA RAMADANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Film berperan sebagai sarana baru yang digunakan untuk menyebarkan hiburan yang sudah menjadi kebiasaan terdahulu, serta menyajikan cerita peristiwa, musik, drama, lawak, dan sajian teknis lainnya kepada masyarakat secara umum. Film juga sudah digunakan sebagai media informasi dan edukasi untuk menambah wawasan dan nilai pada sebuah film. Pada penelitian ini menggunakan teori isi media. Peneliti mengkaji nilainilai nasionalisme yang terdapat dalam film Tanah Surga Katanya. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif yang meneliti tiap gambar, adegan, dialog dan musik yang mengandung nilai nasionalisme berdasarkan indikator
yang telah dibuat, kemudian dikaitkan dengan teori isi media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis pada penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau uraian atas suatu kejadian sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan 65% adegan, dialog dan musik yang terdapa tdalam film Tanah Surga Katanya mengandung nilai nasionalisme, dan 35% adegan, dialog dan musik yang tidak mengandung nilai nasionalisme. Nilai-nilai nasionalisme yang muncul pada film “Tanah Surga Katanya” adalah kesadaran masyarakat membangun bangsa, adanya kesadaran nasionalisme dalam diri warga Indonesia, kesadaran memiliki dan mencintai bangsa, penggunaan simbolisme bangsa (bahasa Indonesia, bendera merah putih, lambang garuda dan lagu kebangsaan). Signifikansi dari penelitian ini agar memberikan penjelasan dan pengetahuan mengenai nilai-nilai nasionalisme yang terdapat dalam film Tanah Surga Katanya. Juga memberikan contoh baru bagi penelitian dengan metode analisis isi kuantitatif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:01
Last Modified: 24 Jun 2022 08:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15210

Actions (login required)

View Item View Item