Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Secara Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Jatinegara 10 Pagi

Fijriyah, Nurul dan Rosyidi, Muhib (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Secara Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Jatinegara 10 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

[thumbnail of FKIP_PGSD_1601025167_NURUL FIJRIYAH.pdf]
Preview
Text
FKIP_PGSD_1601025167_NURUL FIJRIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Jatinegara 10 Pagi pada semester II tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design, dengan pengambilan data skor dengan menggunakan desain Posttest Only. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik sampling jenuh. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Uji isntrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Dari uji validitas dengan Korelasi Point Biserial didapat 30 soal yang valid dari 40 butir test. Untuk pengujian reliabilitas dengan K-R 20 didapat Rhitung> Rtabel (0,8423 > 0,388), sehingga instrumen ini dikatakan reliabel. Dari hasil pengujian normalitas, dengan menggunakan uji Chi Kuadrat untuk kelas eksperimen, diperoleh x2hitung < x2tabel yaitu 4,64 < 11,3 dan untuk kelas kontrol, diperoleh x2hitung < x2tabel 9,16 < 11,3. Maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 2,20 < 2,40. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 83,47 dan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 80,5. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 6,01, pada taraf signifikan a= 0,05 dan a = 0,01 dengan derajat kebebasan (dk) = 60 seharga 2,045 dan 2,756. Karena thitung > ttabel (6,01 > 2,045) , (6,01 > 2,756) maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN Jatinegara 10.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 24 Jun 2022 04:43
Last Modified: 24 Jun 2022 04:43
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15189

Actions (login required)

View Item View Item