Faktor – faktor yang Mempengaruhi Densitas Mineral Tulang pada Lansia di Posyandu Lansia Gang Langgar Lubang Buaya Jakarta Timur

Fikriani, Soraya Nur dan Pritasari, Pritasari dan Maulida, Nursyifa Rahma (2020) Faktor – faktor yang Mempengaruhi Densitas Mineral Tulang pada Lansia di Posyandu Lansia Gang Langgar Lubang Buaya Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

[thumbnail of FIKES_ILMU GIZI_1305025100_SORAYA NUR FITRIANI.pdf]
Preview
Text
FIKES_ILMU GIZI_1305025100_SORAYA NUR FITRIANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi densitas mineral tulang pada lansia di Posyandu Lansia Gang Langgar Lubang Buaya Jakarta Timur. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional yang dilakukan dengan sampel penelitian total sampling sebesar 51 responden. Penelitian ini dilakukan pada November sampai Januari 2019. Data variabel dependen yang diteliti yaitu densitas mineral tulang menggunakan alat quantitative ultrasound (QUS). Sedangkan data variabel independen meliputi jenis kelamin menggunakan kuesioner, IMT melalui pengukuran antropometri (berat badan menggunakan timbangan seca dan tinggi badan menggunakan microtoise). Asupan protein, kalsium, dan fosfor melalui wawancara food recall 24 hour sebanyak 2 kali. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 74,5% responden memiliki densitas mineral tulang tidak normal dan terdapat hubungan yang signifikan (p-value < 0,05) antara asupan protein dan asupan fosfor dengan densitas mineral tulang tidak normal, dan tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin, IMT, dan asupan kalsium dengan densitas mineral tulang tidak normal. Diperlukan dorongan motivasi kepada lansia untuk mencukupi asupan gizinya untuk menjaga tulang agar tidak terjadinya risiko patah tulang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QM Human anatomy
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:40
Last Modified: 23 Jun 2022 07:40
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15144

Actions (login required)

View Item View Item