Nilai-nilai Profetik dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasi Trhadap Pembelajaran Sastra Di Madrasah Aliyah (MA)

Palupi, Ratna dan Sukardi, Sukardi dan Hikmat, Ade (2019) Nilai-nilai Profetik dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasi Trhadap Pembelajaran Sastra Di Madrasah Aliyah (MA). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1709057012_RATNA PALUPI.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1709057012_RATNA PALUPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai profetik dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasi Terhadap Pembelajaran Sastra Di Madrasah Aliyah ( MA). Pada tesis ini, peneliti menggunakan teknik analisis atau metode deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif merupakan data kualitatif berbentuk kata, skema, dan gambar. Adapun proses analisis data yang dilakukan dengan cara membaca, menganalisis nilai-nilai profetik yang ada dalam novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy.
Berdasarkan analisi data, hasil analisis dalam aspek nilai-nilai profetik ditemukan melalui percakapan dan narasi di dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy, diketahui bahwa ada 3 (tiga) unsur nilai profetik di dalamnya yaitu 1. Humanisasi (Amar Ma’ruf), 2. Liberasi ( Nahi Munkar), 3. Transendensi ( Tu’minunna Billah ). Peneliti menemukan 95 nilai profetik dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy diantaranya ( 39 nilai humanisasi atau amar ma’ruf, 26 nilai liberasi atau nahi munkar, 30 nilai transendensi atau tu’minunna billah). Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya nilai-nilai profetik dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy yang mengerucut menjadi tiga aspek. Pertama humanisasi, humanisasi dalam penelitian ini adalah membuah jauh sifat kebencian, selalu berbuat kebaikan kepada siapapun yang menyakiti, menghargai danmenghormati orang tua, peduli terhadap sesama dan selalu mengajak dalam hal kebaikan. Kedua liberasi, liberasi dalam penelitian ini berkaitan dengan penolakan terhadap korupsi, pemberantasan dari kebodohan, pembebasan dari tuduhan atau fitnah keji, serta pembahasan dari jeratan pemanfaatan dalam hal politik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Profetik, Pembelajaran Sastra
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:56
Last Modified: 24 Jun 2022 07:56
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15137

Actions (login required)

View Item View Item