Promosi PT.ESQWay 165 pada Program “Pengembangan SDM bagi Satu Juta Guru Indonesia” dalam Bentuk Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR)

Suhendar, Aristiyanto dan Basuki, Maryono dan Rahman, Nurlina (2017) Promosi PT.ESQWay 165 pada Program “Pengembangan SDM bagi Satu Juta Guru Indonesia” dalam Bentuk Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

[thumbnail of FISIP_ILKOM_0906015020_Aristiyanto Suhendar.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILKOM_0906015020_Aristiyanto Suhendar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Corporate Social Resposibility merupakan suatu kewajiban yang diemban oleh perusahaan, karena telah diatur oleh Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas jo. Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 tentang tanggung jawab sosial, bahwa perusahaan baik swasta maupun BUMN, perusahaan memiliki kewajiban memberikan kelayakan bagi lingkungan disekitar tempat usahanya bukan hanya meraih keuntungan bagi perusahaan tersebut Begitu pula halnya dengan perusahaan swasta seperti PT. ESQWay 165 yang bergerak pada bidang jasa pelatihan, perusahaan tidak hanya mencari keuntungan yang bersifat internal bagi perusahaan, tetapi juga dapat memberikan keuntungan secara eksternal bagi masyarakat sekitar, ESQ memberikan pelatihan secara cuma-cuma yang menguntungkan bagi eksternal dan menguntungkan secara internal yaitu berupa promosi. Penelitian ini mengkaji tentang kegiatan promosi PT. ESQWay 165 dalam bentuk jasa pelatihan, promosi ini dibalut dengan kegiatan CSR yang diberikan melalui pelatihan. Peneliti menggunakan paradigma postpositivis, pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari buku-buku CSR, web ESQWay 165, wawancara kepada dirut dan peserta pelatihan ESQWay 165. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif Marketing Public Relations melalui metode ceramah dan seminar yang diberikan dari trainer kepada para peserta pelatihan, pesan yang diberikan dari trainer dianalisis menggunakan teori persuasif pada saat pelaksanaan kegiatan pelatihan. Penemuan dalam penelitian ini adalah adanya kegiatan promosi serta berlakunya teori persuasif pada saat pelaksanaan pelatihan pengembangan SDM bagi satu juta guru di Indonesia yang diberikan oleh PT. ESQWay 165, pada saat pelatihan peserta disentuh sisi emosional, melalui materi-materi spiritual, agar tersentuh sisi emosionalnya, setelah itu melkukan promosi, mengisi dengan nilainilai yang ditekankan ESQ, tujuh budi utama dan generasi emas 2020.Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar lebih meniliti tentang pengaruh pesan persuasif pada program CSR melalui kegiatan pelatihan sumber daya manusia (SDM).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: libfisip libfisip libfisip
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:50
Last Modified: 23 Jun 2022 03:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15131

Actions (login required)

View Item View Item