Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penggunaan Media Tayangan Berita (Penelitian Tindakan di Kelas IX MTs.Al-Kahfi Jakarta).

Sulistiyanto, Andy dan Hikmat, Ade dan Syafii, Imam (2019) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penggunaan Media Tayangan Berita (Penelitian Tindakan di Kelas IX MTs.Al-Kahfi Jakarta). Masters thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1709057002_ANDY SULISTIYANTO.pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1709057002_ANDY SULISTIYANTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas proses kegiatan belajar mengajar dan sejauh mana hasil peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan mengunakan media tayangan berita pada siswa kelas IX MTs.Al-Kahfi – Kafila International Islamic School (KIIS) Jakarta. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX MTs.Al-Kahfi Jakarta yang berjumlah 24 siswa pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang menggunakan model sistem spiral refleksi yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Sedangkan bentuk PTK yang digunakan adalah bentuk yang pertama, yaitu PTK yang memandang guru sebagai peneliti untuk dapat meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran di dalam kelas. Teknik analisis dan pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat tes, observasi, wawancara, angket siswa, instrumen penilaian dan dokumentasi kegiatan KBM. Berdasarkan analisis hasil nilai menulis cerpen pada pretest, siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil keterampilan menulis cerpen sebesar 14,06 persen. Pada tahap pretest diperoleh rata-rata nilai 65,54 dengan 3 siswa (12,5%) yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75, lalu
pada siklus I diperoleh rata-rata nilai sebesar 73,35 dengan jumlah 11 siswa (45,8%) yang mencapai nilai KKM. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata menulis siswa adalah 79,60, dengan 5 siswa (20,83 %) berhasil memperoleh nilai sesuai KKM sebesar 75 dan 19 siswa (79,17 %) memperoleh nilai di atas KKM. Pada aspek afektif dan psikomotorik, KBM dengan media tayangan berita ternyata membuat siswa lebih aktif, semangat dan terinspirasi dalam menulis cerpen. Berdasarkan pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan penggunaan media tayangan berita telah berhasil meningkatkan keterampilan terhadap siswa kelas IX MTs.Al-Kahfi Jakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, keterampilan, menulis cerpen, media tayangan berita
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:57
Last Modified: 24 Jun 2022 07:57
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15130

Actions (login required)

View Item View Item