Stilistika dalam Teks Anekdot Mukidi Karya Soetantyo Moechlas (Analisis Isi)

Surgo, Sitta Nurindah dan Dendy, Sugono dan Akhadiah, Sabarti (2018) Stilistika dalam Teks Anekdot Mukidi Karya Soetantyo Moechlas (Analisis Isi). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Uhamka.

[thumbnail of SPS_INONESIA_1509057035_SITTA NURINDAH.pdf]
Preview
Text
SPS_INONESIA_1509057035_SITTA NURINDAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai penggunaan metafora, fungsi kalimat dan kontruksi kalimat yang terdapat dalam teks anekdot Mukidi karya Soetantyo Moechlas. Teks anekdot Mukidi yang dianalisis berjumlah 45 teks. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dan metode kualitatif pendekatan stilistika. Objek penelitian ini adalah teks anekdot Mukidi karya Soetantyo Moechlas, dengan fokus penelitian metafora, fungsional kalimat, dan konstruksi kalimat. Instrumen penelitian dibantu dengan table analisis data. Langkah-langkah penelitian memahami objek penelitian, menentukan kriteria analisis, menandai kata, frasa, klausa, kalimat dan menganalisis data berdasarkan kalimat, mengelompokkan data ke dalam tabel, membahas hasil temuan, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian teks anekdot Mukidi sbb: (1) berdasarkan metafora pilihan citra,
metafora yang mendominasi adalah bercitra abstrak ke konkret berjumlah 22. Penggunaan metafora ini menggunakan ungkapan dalam bentuk kata, frasa, maupun klausa yang bersifat abstrak ke ungkapan yang bersifat konkret. Jenis metafora ini digunakan untuk untuk memperhalus ungkapan-ungkapan yang bersifat sindiran. Untuk penggunaan metafora ekspresi tidak langsung, metafora terbanyak adalah metafora kelompok penggantian berjumlah 15. Metafora jenis ini tepat dalam penggunaannya jika dikaitkan dengan ciri sebuah anekdot yang merupakan cerita humor mengandung sindiran dengan tokoh cerita orang/tokoh yang terkenal. Penulis Anekdot menuliskan nama tokoh dengan penggunaan metafora kelompok penggantian sebagian maupun keseluruhan atau menyebut bagian fisik/sifat seseorang untuk mewakili sosok tokoh yang diceritakan oleh penulis. (2) Fungsi kalimat yang mengandung metafora berdasarkan pilihan citra terbanyak ada pada fungsi objek sedangkan fungsi kalimat yang mengandung metafora ekspresi tidak langsung terbanyak ada pada fungsi subjek dan predikat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:58
Last Modified: 24 Jun 2022 07:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15125

Actions (login required)

View Item View Item