Nilai-nilai sosial dan budaya dalam Hikayat Maharaja Garebag Jagat serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA

Selviana, Shinta dan Solihati, Nani dan Safii, Imam Nilai-nilai sosial dan budaya dalam Hikayat Maharaja Garebag Jagat serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Masters thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of SPS_INDONESIA_1609057015_SHINTA SELVIANA (1).pdf]
Preview
Text
SPS_INDONESIA_1609057015_SHINTA SELVIANA (1).pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai sosial dan budaya dalam Hikayat Maharaja Garebag Jagat serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Fokus penelitian ini adalah nilai-nilai sosial dan budaya dalam Hikayat Maharaja Garebag Jagat, sedangkan subfokus penelitian ini 1) jenis- jenis nilai sosial dan budaya 3) implikasi pembelajaran sastra di SMA. Adapun variasi dari nilai sosial terbagi menjadi duayaitu nilai sosial asosiatif meliputi kerjasama, akomodasi dan asimilasi, nilai sosial disasosiatif meliputi ; persaingan, kontravensi dan pertentangan / konflik. Nilai budaya terbagi atas 7 komponen yaitu ; bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem mata pencaharian, sistem religi dan kesenian. Objek penelitian ini adalah Hikayat Maharaja Garebag Jagat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Data dianalisis dengan melihat nilai sosial dan budaya yang dilihat dari kutipan-kutipan pada kalimat maupun paragraf dalam cerita. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian terdapat 258 kutipan yang mengandung nilai sosial dan budaya. Nilai Sosial Asosiatif terdapat ; Kerjasama sebanyak 11 kutipan, Akomodasi sebanyak 12 kutipan, Asimilasi sebanyak 7 kutipan. Nilai Sosial Disasosiatif terdapat kutipan ; Persaingan terdapat 1 kutipan, Kontrovensi sebanyak 30 kutipan danPertentangan konflik sebanyak 55 kutipan. Nilai budaya terdapat Bahasa sebanyak 88 kutipan, sistem pengetahuan tidak terdapat kutipannya, organisasi sosial sebanyak 13 kutipan, sistem peralatan hidup dan teknologi sebanyak 12 kutipan, sistem mata pencaharian hidup tidak terdapat kutipan, sistem religi sebanyak 14 kutipan, dan kesenian tidak terdapat kutipan. Pada nilai budaya, kutipan terbanyak pada nilai sosial pertentangan / konflik yaitu sebanyak 55 kutipan.Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu model apresiasi sastra dalam pembelajaran sastra di SMA agar peserta didik lebih mengenal, dan memahami hikayat pada berbagai segi kehidupan sosial dan budaya, yang terdapat dalam isi cerita pada masa itu. Hikayat membuat peserta didik dapat menikmati, memanfaatkan, menghargai dan membanggakan karya sastra khususnya sastra klasik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:58
Last Modified: 24 Jun 2022 07:58
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15121

Actions (login required)

View Item View Item